kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,47   -12,05   -1.29%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada BI-Fast, penetapan biaya transfer antarbank tak butuh deal perusahaan switching


Senin, 01 November 2021 / 12:25 WIB
Ada BI-Fast, penetapan biaya transfer antarbank tak butuh deal perusahaan switching
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di salah satu galeri ATM di Mal Tangerang, Jumat (16/4). pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/16/04/2021.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biaya transfer antar bank bakal turun dengan diimplementasikannya BI Fast Payment pada minggu ke dua Desember 2021. Ini merupakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real time dan 24/7.

Dengan penerapan BI Fast ini maka tarif transfer antar bank bisa lebih murah yakni menjadi Rp 2.500. Bank Indonesia (BI) telah menetapkan 22 bank calon peserta BI Fast pada Desember mendatang. 

Salah satunya adalah PT Bank CIMB Niaga Tbk. Namun, bank ini hingga sekarang belum menentukan biaya transfer BI Fast yang akan dikenakan kepada nasabah.  "Kami masih sedang melakukan kajian. Namun, kami akan mengikuti arahan BI dalam menentukan biaya maksimum yang dapat dikenakan kepada nasabah," ungkap Direktur Operations & Information Technology CIMB Niaga Tjioe Mei Tjuen pada KONTAN, Jumat (29/10).

Mei menambahkan, pada tahap pertama implementasi BI Fast pada Desember mendatang, CIMB Niaga akan terkoneksi langsung dengan BI tanpa melalui perusahaan switching. Sehingga biaya yang dikenakan ke bank hanya merupakan biaya dari BI. 

Baca Juga: BCA catat pertumbuhan kredit korporasi sebesar 7,1% hingga September 2021

Penerapan BI Fast Payment tentu akan berdampak pada pendapatan berbasis fee dari transfer antar bank. Pasalnya, biaya tranfer online antara bank saat ini dikenakan Rp 6.500. Hanya saja, CIMB Niaga masih dalam kajian untuk menghitung seberapa besar dampaknya. 

Bank Mandiri juga menjadi salah satu calon peserta dalam implementasi tahap pertama. SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan, implementasi pembayaran BI Fast akan melengkapi fitur layanan transfer Bank Mandiri. 

Terkait pelaksanaan dan ketentuan layanan transfer BI Fast termasuk penetapan biaya, Bank Mandiri akan mematuhi ketetapan BI. Sedangkan biaya untuk jenis layanan transfer yang sudah tersedia di bank saat ini seperti SKN, RTGS dan transfer online tidak mengalami perubahan. 

Thomas menambahkan, penetapan biaya transfer antara bank dengan menggunakan BI Fast tidak memerlukan perubahan kerjasama dengan perusahaan switching karena biaya layanan transfer lainnya seperti transfer online tidak mengalami perubahan. 

Baca Juga: Hari ini, BI kembali buka layanan uang rupiah di kanwil Sumbar, Kaltara, dan Kalsel

Adapun PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus melakukan persiapan dalam mendukung inisiatif BI Fast. Santoso Liem Direktur BCA mengatakan, persiapan yang dilakukan sudah mendekati tahapan final. 

Bagi BCA, BI Fast merupakan inisiatif yang akan membuat sistem pembayaran Indonesia semakin maju, modern dan up to date sesuai dengan perkembangan jaman.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×