kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.040.000 1,17%
  • RD.SAHAM 0.09%
  • RD.CAMPURAN 0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Bakal digantikan Nusantara Life di 2021, kapan Jiwasraya bayar klaim nasabah?


Selasa, 07 Juli 2020 / 19:55 WIB
Bakal digantikan Nusantara Life di 2021, kapan Jiwasraya bayar klaim nasabah?
ILUSTRASI. Warga melintas di depan kantor Pusat Asuransi Jiwasraya Jakarta, Selasa (15/1). Pemegang polis Jiwasraya akan dipindahkan ke Nusantara Life yang merupakan perusahaan baru di bawah BPUI./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/15/01/2019.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemegang polis Jiwasraya akan dipindahkan ke Nusantara Life yang merupakan perusahaan baru di bawah Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). 

Pemindahan ini merupakan bagian dari restrukturisasi polis Jiwasraya sehingga bisnis asuransi tetap berjalan dan klaim bisa dibayarkan. Diperkirakan Nusantara Life terbentuk 2021.

Baca Juga: Dituding lemah dalam melakukan pengawasan, OJK: Kami tak tinggal diam

Namun Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo belum bisa memastikan kapan klaim nasabah bisa segera dibayarkan. Sebab, perhitungan polis nasabah tetap berjalan.

"Sehingga ini sebenarnya kan belum cut off. Nanti pada waktu cut off baru kita pindahkan. Nah, sehingga polis nasabah pada saat ini masih dihitung," katanya di Jakarta, Selasa (7/7).

Nah, hasil restrukturisasi polis tentunya akan membutuhkan dukungan PMN supaya liabilitas dan asetnya seimbang. Namun penyuntikan PMN harus dianggarkan oleh pemerintah. "Cuma kita tahu kan ada proses penganggaran maka tidak mungkin kita paksakan untuk PMN 2020 kan. Kita tunggulah" ungkapnya.

Jika Jiwasraya bisa dapat komitmen PMN lebih cepat, maka restrukturisasi bisa langsung dilakukan. Tapi kalau komitmen PMM belum didapatkan, pihaknya akan cari cara untuk bayar klaim ke nasabah.

Baca Juga: Bentuk Nusantara Life, Jiwasraya segera ditutup

"Kita lihat ada nasabah-nasabah yang mungkin membutuhkan karena mereka memang masyarakat membutuhkan, maka kita akan mengusahakan dengan pelepasan aset lagi. Tapi dalam konteks ini kita inginnya dapat komitmen sehingga kita langsung restrukturisasi," tutupnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×