kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,48   2,44   0.24%
  • EMAS943.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Telah Salurkan Kredit Korporasi Rp 184,25 Triliun


Sabtu, 25 Juni 2022 / 09:54 WIB
Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Telah Salurkan Kredit Korporasi Rp 184,25 Triliun
ILUSTRASI. Layanan digital Bank Rakyat Indonesia (BRI) di pusat belanja, Jakarta. Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Telah Salurkan Kredit Korporasi Rp 184,25 Triliun.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Meski bukan fokus utama, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)  tetap menyalurkan kredit ke segmen korporasi. Maklum bank bersandi saham BBRI ini memiliki penugasan dan spesialisasi menyalurkan kredit ke pelaku UMKM.

Kendati demikian, BRI mampu mencatatkan pertumbuhan kredit korporasi 4% year on year (yoy) mencapai sebesar Rp 184,35 triliun per Mei 2022.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto melihat prospek pembiayaan segmen korporasi masih cukup besar seiring dengan pemulihan kondisi ekonomi dari dampak pandemi Covid-19. 

“Serta dukungan penyelesaian proyek strategis nasional. Strategi BRI dalam mendorong pertumbuhan segmen korporasi ini adalah dengan selective pipeline. Meskipun volume kredit korporasi didorong tetap tumbuh, namun pertumbuhannya tidak akan setinggi kredit UMKM,” jelasnya kepada Kontan.co.id belum lama ini.

Baca Juga: Asing Net Sell Rp 4,20 Triliun, Saham-Saham Ini Banyak Dilepas dalam Sepekan

Oleh sebab itu, pada 2025, BRI memiliki visi porsi komposisi kredit UMKM mencapai hingga 85%, sementara porsi kredit korporasi akan dijaga maksimal berada di kisaran 15% dari total kredit yang disalurkan BRI.

“Terdapat beberapa strategi utama dalam pengembangan bisnis korporasi BRI, yakni pertumbuhan selektif dan meningkatkan kualitas aset dengan mengutamakan sektor-sektor yang memiliki resiliensi tinggi dari pandemi seperti agribisnis. Juga menyasar sektor yang berdampak atau memicu pertumbuhan ekonomi seperti infrastruktur, manufaktur dan kelistrikan,” paparnya. .

Selain itu, dari segmen korporasi, BRI mendorong transaksi guna mengoptimalkan pendapatan berbasis komisi atau fee based income beserta dana murah (CASA). Juga mengoptimalkan korporasi yang memiliki rantai pasok atau trickle down business yang dapat mendorong segmen UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×