kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bankir berharap pelonggaran GWM bisa bantu mendorong kredit dan redam persaingan DPK


Minggu, 24 November 2019 / 17:19 WIB
Bankir berharap pelonggaran GWM bisa bantu mendorong kredit dan redam persaingan DPK
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah Bank BCA di Tangerang Selatan, Jumat (8/11). Likuiditas perbankan tahun depan akan semakin bertambah sejalan dengan kebijakan BI menurunkan GWM rupiah sebesar 50 basis poin./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/08/11/2019.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Likuiditas perbankan tahun depan akan semakin bertambah sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) rupiah sebesar 50 basis poin. Tambahan likuiditas ini akan memberikan ruang bagi bank untuk meningkatkan penyaluran kredit.

Dengan pemangkasan itu maka GWM yang berlaku untuk bank umum konvensional dan bank umum syariah maupun unit usaha syariah masing-masingnya menjadi 5,5% dan 4,0%. Dari penurunan 50 bps itu, perbankan akan mendapat tambahan likuiditas sebesar Rp26 triliun.

Baca Juga: BCA siapkan Rp 5 triliun untuk belanja modal IT tahun depan

Sejumlah perbankan menyambut baik keputusan BI yang akan mulai berlaku efektif pada 2 Januari 2020 tersebut. Panji Irawan, Direktur Keuangan Bank Mandiri berharap tambahan likuiditas dari pelonggaran GWM itu diharapkan dapat meredakan persaingan dalam memperebutkan Dana Pihak Ketiga (DPK) serta mendorong pertumbuhan kredit.

Per September 2019, Bank Mandiri secara bank only mencatatkan total DPK sebesar Rp 784 triliun. "Dengan asumsi DPK Bank Mandiri 7%-9%, maka penurunan GWM 0,5% akan menambah likuiditas sekitar Rp 4 triliun- Rp 5 triliun tahun 2020," ungkap Panji pada Kontan.co.id, Jumat (22/11).

Namun, Panji belum bisa menyampaikan target kredit yang akan dipasang Bank Mandiri tahun 2020 dengan memperhitungkan pelonggaran GWM tersebut karena menurutnya masih dalam proses penyusunan. Hanya saja, sebelumnya dia memberi taksiran target tahun depan sekitar 9%-10%.

Herry Sidharta, Wakil Direktur Keuangan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) juga menyambut baik kebijakan BI itu karena akan memberikan tambahan likuiditas bagi industri perbankan secara umum yang dapat mendukung percepatan penyaluran kredit maupun aset produktif lainnya.

Baca Juga: OJK beri rekomendasi perbaikan keuangan Ke Asabri, ada apa?

Lewat pemangkasan GWM 50 basis poin, Herry bilang, BNI akan mendapat dampak tambahan likuiditas sekitar sekitar Rp 2 triliun- Rp 2,5 triliun. Dengan tambahan likuiditas itu, BNI memproyeksikan pertumbuhan kredit tahun 2020 akan sesuai rencana yakni 11%-13%.

Meskipun pelonggaran GWM itu membawa dampak positif, namun BNI melihat isu likuiditas ketat diperkirakan masih akan terjadi tahun depan. "Oleh karena itu, LDR kami perkirakan masih akan sama seperti tahun ini yakni di kisaran 93%-95%," ujar Herry.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×