kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Begini Respons LinkAja Soal Kehadiran Fitur QRIS Tuntas


Rabu, 13 September 2023 / 20:36 WIB
Begini Respons LinkAja Soal Kehadiran Fitur QRIS Tuntas
ILUSTRASI. Konsumen melakukan transaksi melalui aplikasi LinkAja di kedai kopi di Jakarta, Kamis (10/11/2022). pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/10/11/2022.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan keuangan digital LinkAja menilai kehadiran fitur baru Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Tuntas yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) akan menjadi tantangan.

Chief Executive Officer (CEO) LinkAja Yogi Rizkian Bahar tak memungkiri kehadiran QRIS tarik tunai, transfer, dan setor tunai (Tuntas) tentu saja memberikan tantangan. Dia menganggap fitur tersebut juga memberikan peluang dalam pemerataan atau inklusi akses ke layanan keuangan dan digital sehingga membawa dampak peningkatan transaksi belanja dan perekonomian masyarakat. 

"Adapun tantangannya terkait literasi keuangan digital yang kami lakukan bersama dengan pemerintah. Kehadiran QRIS Tuntas menjadi peluang dalam menjangkau masyarakat khususnya di luar perkotaan dalam menikmati layanan keuangan digital yang cepat, mudah, dan praktis," ucapnya kepada KONTAN.CO.ID, Rabu (13/9).

Yogi menambahkan LinkAja melihat keberadaan QRIS Tuntas sebagai alternatif fitur atas layanan keuangan yang telah dimiliki mereka. Dia pun menegaskan LinkAja senantiasa mendukung dan memaksimalkan upaya-upaya pengembangan infrastruktur digital di Indonesia. 

Baca Juga: BI Luncurkan Fitur QRIS Tuntas, AstraPay: Akan Berdampak Positif

Menurutnya, digitalisasi memiliki peran penting dalam inklusi keuangan, fitur QRIS TUNTAS akan mampu meningkatkan perluasan akses pembayaran digital ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat kecil dengan jangkauan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah pelosok atau wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) yang mayoritas masih unbanked.

"Hal itu juga sejalan dengan semangat LinkAja untuk menyatukan potensi Indonesia dan mendukung mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Yogi optimistis tren QRIS Tuntas ke depannya akan terus meningkat, sejalan dengan literasi keuangan digital yang terus naik.  Dia juga memandang positif keberadaan QRIS Tuntas. Sebab, memungkinkan fitur itu tidak harus melalui kerja sama eksklusif dengan satu pihak tertentu. 

Di sisi lain, Yogi menyebut LinkAja akan tetap mengembangkan layanan melalui kemitraan strategis dengan berbagai pihak untuk dapat memberikan kemudahan lebih bagi para pengguna. 

Selanjutnya: Kongsi META, ADHI dan ACST Garap Tol JORR Elevated Cikunir - Ulujami Rp 21,26 Triliun

Menarik Dibaca: Cuaca Besok di Bekasi dan Depok bakal Cerah Berawan, Kamis (14/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×