kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertambah, Kantor Cabang Multifinance Diprediksi Capai 4.332 Kantor di Akhir 2023


Minggu, 05 November 2023 / 06:00 WIB
Bertambah, Kantor Cabang Multifinance Diprediksi Capai 4.332 Kantor di Akhir 2023
ILUSTRASI. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut kantor cabang perusahaan pembiayaan atau multifinance kian menjamur di sejumlah daerah.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Jumlah kantor cabang perusahaan pembiayaan atau multifinance makin banyak menyebar ke daerah.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkirakan jumlah kantor cabang multifinance bisa tembus sebanyak 4.332 kantor hingga akhir tahun ini.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Agusman mengatakan, pada Desember 2022 jumlah kantor cabang multifinance mencapai 4.249 kantor. Di tahun ini trennya tampak stabil.

“Jumlah kantor cabang perusahaan pembiayaan pada tahun 2023 memiliki tren yang cukup stabil, di mana jumlahnya pada September 2023 sebanyak 4.311 kantor cabang atau naik 1,46% year to date (ytd),” ujarnya dalam Rapat Dewan Komisioner (RDK) OJK, Senin (30/10).

Agusman menyebut, Pulau Jawa menjadi lokasi paling padat hadirnya perusahaan multifinance dengan total 2.106 kantor cabang.

“Jawa Barat menjadi provinsi dengan lokasi kantor cabang perusahaan pembiayaan terbanyak yaitu sebanyak 718 kantor cabang,” jelasnya.

Baca Juga: Pembiayaan Baru yang Meningkat Topang Kinerja Multifinance

OJK memproyeksikan pada Desember 2023, jumlah kantor cabang multifinance diproyeksikan mencapai 4.332 atau bertambah 1,95% year on year (yoy).

“Perkembangan kantor cabang perusahaan pembiayaan di era digital, diproyeksikan tetap masih mengalami pertumbuhan terutama di area-area yang saat ini belum banyak terdapat kantor cabang,” tuturnya.

Sebelumnya, PT BNI Multifinance menyebut, selama ini kantor cabang perusahaan masih terfokus di Pulau Jawa. Nah, di tahun depan BNI Multifinance bakal menambah kantor cabang baru di luar Pulau Jawa.

“Tahun depan akan menambah 22 cabang baru. Fokusnya di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Indonesia bagian Timur,” kata Direktur Bisnis BNI Multifinance, Albertus Hendi kepada KONTAN, beberapa waktu lalu.

Albertus merinci, sejauh ini BNI Multifinance memiliki 30 kantor cabang di antaranya 5 di Sumatera, 6 di Jakarta, 3 di Jawa Barat, 4 di Jawa Tengah, 4 di Jawa Timur, 1 di Bali, 5 di Kalimantan dan 2 di Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×