kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45794,34   -0,99   -0.12%
  • EMAS942.000 0,43%
  • RD.SAHAM 0.14%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.04%

Bisnis cash management BNI dan BRI tumbuh di tengah pandemi corona


Rabu, 08 April 2020 / 19:42 WIB
Bisnis cash management BNI dan BRI tumbuh di tengah pandemi corona
ILUSTRASI. Seorang pensiunan PNS memperlihatkan kartu debit Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang baru diterimanya oleh petugas bank di Medan, Sumatera Utara, Rabu (1/4/2020). Bisnis cash management BNI dan BRI tumbuh di tengah pandemi corona. ANTARA FOTO/Septianda Perda

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona (Covid-19) rupanya tidak menekan seluruh bisnis perbankan. Di satu sisi pandemi itu memang melemahkan permintaan kredit dan bikin kualitas aset memburuk, namun di lain sisi kondisi itu menumbuhkan bisnis lain seperti layanan cash management system (CMS) atau pengelolaan kas.

Transaksi CMS perbankan masih tercatat tumbuh begitupun dengan pendapatan fee yang dihasilkan dari bisnis tersebut. Himbauan masyarakat untuk melakukan social distancing dan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) untuk menekan penularan Covid-19 mendorong layanan pengelolaan kas.

Baca Juga: Operasional BCA dan CIMB Niaga di Jakarta tetap normal saat PSBB diberlakukan

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) misalnya berhasil mencatatkan transaksi CMS pada kuartal I 2020 sebesar 125% secara year on year (YoY) menjadi Rp 48 juta transaksi dengan volume melesat 129% sebesar Rp 615 triliun.

Pemimpin Divisi Jasa Transaksional BNI Agung Kurniawan mengatakan, tekanan yang dialami semua segmen bisnis akibat Covid-19 justru menjadi peluang bagi meningkatkan transaksi pengelolaan kas yang berbasis digital dan dapat diakses dari mana saja dengan sekuritisasi sistem yang baik.

Transaksi dapat dilakukan baik melalui web platform maupun berbasis aplikasi mobile platform sehingga dapat diakses lebih fleksible untuk kebutuhan nasabah. "Hal ini sejalan dengan kondisi dan kebutuhan mayoritas nasabah yang menjalankan prosedur WFH sehingga dapat menjalankan transaksi perbankan tanpa hambatan dan tanpa perlu keluar rumah," kata Agung pada Kontan.co.id, Rabu (8/4).

Fee based income (FBI) BNI juga mengalami peningakatan dari bisnis pengelolaan kas. Tanpa menyebut nilainya, Agung bilang, pertumbuhannya di kuartal I mencapai 105%.

Baca Juga: Pegadaian, PNM hingga Bahana Artha Ventura juga siapkan relaksasi pembiayaan UMi

Untuk memperlancar transaksi CMS di tengah pandemi Covid-19 ini, BNI telah mengembangkan dan menyempurnakan fitur-fitur baru yang akan meningkatkan kemudahan nasabah untuk bekerja dan bertransaksi di rumah tanpa hambatan untuk menggunakan aplikasi cash management yang real-time online.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×