kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRImo Milik BRI Untungkan Pedagang dan Konsumen


Selasa, 13 Februari 2024 / 16:08 WIB
BRImo Milik BRI Untungkan Pedagang dan Konsumen
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Ultra Mikro Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tak hanya mendukung kelompok usaha ultra mikro melalui layanan pembiayaan, tetapi juga lewat inovasi layanan perbankan digital, yakni super app BRImo. Dengan BRImo, pelaku usaha ultra mikro dapat meningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan.

Kehadiran BRImo sebagai salah satu pilihan cara pembayaran di kawasan wisata Klaster Uluwatu di Badung, Bali, mendapat sambutan positif para pedagang. Salah satunya adalah Nyoman Supatmi, pemilik Warung Ibu Mudita. Respons yang sama diberikan Made Kuli, pemilik Warung Bu Budi.

Kalau diperhatikan, di antara  warung tersebut tidak ada perbedaan yang berarti. Masing-masing menjajakan jenis dagangan yang relatif sama. Ada aneka ragam minuman dingin yang tersaji di lemari pendingin. Tersedia pula air mineral dan mi instan. Para pengunjung juga bisa menyesap kopi hangat atau teh di Warung Ibu Mudita dan Warung Bu Budi.

Baca Juga: Bayar SPP Kuliah Lebih Mudah Pakai Aplikasi BRImo Milik BRI

Semenjak berjualan di area tersebut selama 10 tahun, Nyoman Supatmi, dan juga para pedagang lain yang ada di klaster wisata tersebut, hanya menyediakan layanan transaksi secara tunai saja.

Ia bercerita, sempat ada pengunjung yang ternyata tidak menyediakan uang tunai secara cukup. Pengunjung itu ingin bertransaksi di warungnya, tetapi uang tunainya tidak mencukupi. Setelah ditanya apakah ada transaksi digital, “Saya bilang masih belum punya,” katanya kepada KONTAN sambil tersenyum.

Untungnya, di kawasan tersebut terdapat deretan mesin ATM dari beragam bank. Maka ia sarankan si pembeli tersebut untuk mengambil uang tunai di mesin ATM tersebut. “Untungnya si pembeli mau,” tambahnya.

Sejak Desember 2023 lalu, Warung Ibu Mudita dan Warung Bu Budi telah dilengkapi dengan pilihan pembayaran nontunai QRIS melalui BRImo. Nyoman Supatmi mengaku, cara mendapatkan layanan ini cukup mudah. Tinggal mengajukannya ke kantor cabang BRI, kemudian petugas akan survei ke lokasi untuk menilai kelayakannya.

Setelah disetujui, pedagang diminta menjadi nasabah dan akan mendapatkan stiker logo QRIS dan barcode khusus. Selain itu, BRI juga memberikan billboard bertuliskan Bayar Praktis Pake QRIS di BRImo kepada dua warung ini. Pengunjung pun akan langsung mengetahui layanan tersebut tersedia di tempat usaha terkait.

Baca Juga: Mengenal Layanan Jasa Manajemen dan Kemitraan PNM

Kehadiran layanan QRIS melalui BRImo di kawasan wisata Klaster Uluwatu menjadi alternatif pembayaran bagi konsumen. Tentu saja fasilitas ini ikut memudahkan pedagang dan membantu meningkatkan usaha mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×