kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BTPN buka akses UMKM jadi "cashless society"


Senin, 18 April 2016 / 17:59 WIB
BTPN buka akses UMKM jadi


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Dikky Setiawan

BOGOR. Sebagai bank yang fokus dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (Bank BTPN) memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencicipi layanan lembaga keuangan formal (unbankable segment).

Direktur Utama Bank BTPN Jerry Ng mengatakan, hal tersebut dapat terwujud dengan memanfaatkan sebaran pengguna layanan telepon seluler Telkomsel di penjuru Indonesia untuk mendorong penyediaan akses layanan keuangan, menggabungkan layanan uang elektronik dengan layanan laku pandai.

"Kami meyakini kolaborasi akan mempercepat pencapaian visi tercapainya keuangan inklusif di Indonesia," ungkap Direktur Utama BTPN Jerry Ng dalam acara peresmian dan edukasi masyarakat di Desa Ciampea, Bogor, Senin (18/4).

Sebelum diluncurkan secara nasional pada 18 April 2016, layanan keuangan terhubung TCASH – BTPN Wow! telah diuji coba sejak pertengahan bulan Maret 2016 di lima kota, yaitu 

Lampung, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon dan Bogor. Uji coba tersebut menunjukan hasil positif dan sambutan yang baik dari masyarakat. Untuk terus menyempurnakan layanan, 

Telkomsel dan BTPN berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan guna melanjutkan kesuksesan tersebut pada roll out nasional.

Uji coba layanan ini dilakukan salah satunya untuk mendukung program Nestlé dalam membuka akses ke perbankan dan pendanaan bagi 20.000 petani swadaya yang menyediakan bahan baku untuk produksi kopi Nescafé.

Program ini diharapkan dapat membantu para petani dalam mengelola pendapatan dari hasil tani dengan lebih baik serta menyalurkan pinjaman bagi mereka untuk melakukan budidaya demi meningkatkan produktivitas.

Selain itu, uji coba juga dilakukan untuk pembayaran honor santri karya dan belanja para santri di lingkungan Daarut Tauhiid Bandung. Ke depannya, layanan ini berpotensi untuk dikembangkan di 3.000 pesantren di Indonesia, serta berbagai komunitas petani maupun komunitas ekonomi menengah ke bawah lain yang belum terjangkau layanan keuangan formal.

Sebelumnya, BTPN telah menjalin kerjasama dengan anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam mengembangkan layanan keuangan.

Kerjasama ini terhubung antara Tcash dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama.

Sebagai informasi, Telkomsel merupakan operator seluler terbesar di Indonesia dengan infrastruktur jaringan mencakup sekitar 95% dari populasi Indonesia atau sekitar 96% kabupaten di nusantara serta jaringan distribusi yang kuat dengan sekitar 400 ribu outlet.

Selain itu, Telkomsel telah memiliki lisensi Layanan Keuangan Digital (LKD) dari BI yang mencakup layanan keuangan elektronik Tcash yang konsisten mengembangkan ekosistem non-tunai untuk transaksi keuangan yang saat ini memiliki 6,5 juta pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×