kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,64   9,30   1.00%
  • EMAS1.035.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

CIMB Niaga Syariah Siapkan Produk KPR Baru, Begini Skemanya


Selasa, 24 Januari 2023 / 17:43 WIB
CIMB Niaga Syariah Siapkan Produk KPR Baru, Begini Skemanya
Pemaparan Haya Fest 2023 oleh CIMB Niaga Syariah, di Jakarta, Selasa (24/1/2022).


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga Syariah akan meluncurkan produk baru yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Xtra Manfaat iB pada awal tahun ini.

“Kami punya senjata baru KPR Xtra Manfaat iB. Sebelumnya, tanpa (produk) itu kami bisa tumbuh double digit, setelah ada produk itu kita optimistis bisa menjangkau semua kalangan,” ujar Head of High End I CIMB Niaga Syariah, Ferry O Mantiri di Jakarta, Selasa (24/1).

Ferry menjelaskan, saat ini pasar KPR syariah masih cukup besar untuk bisa dimanfaatkan secara maksimal. Pasalnya, saat ini portofolio produk KPR syariah masih di bawah 10%.

Baca Juga: CIMB Niaga Syariah Salurkan Donasi Dana Kebajikan ke BAZNAS Kota Medan

“Kita melihat portofolio yang ada di bank-bank konvensional kompetitor kita itu besar, sederhananya, kita tawarkan dengan program Hijrah, program special take over dengan gimmick tambahan itu kita masih mendapatkan portofolio tersebut. Sehingga dengan kondisi apapun kami optimistis KPR Syariah bisa mencapai di atas target,” jelasnya.

Dia menjabarkan, dengan KPR Xtra Manfaat iB nasabah bisa mendapatkan keuntungan dengan menghubungkan tabungan yang digunakan sebagai pendebetan seperti tabungan pendidikan, tabungan istri hingga tabungan kerabat yang bisa diperhitungkan.

Head of High End I Bank CIMB Niaga Syariah, Ferry O Mantiri.

“Bagi hasil dari tabungan tersebut sampai sembilan rekening itu bisa dihubungkan dan akan berkontribusi untuk mengurangi dari porsi Ujroh atau margin-nya,” tuturnya.

Ferry mencontohkan, apabila ada satu nasabah ambil pembiayaan KPR seharga Rp 1 miliar dalam jangka waktu 15 tahun dengan margin 5%, angsuran Rp 15 juta per bulan maka porsi margin yang akan ditawarkan ada dua pilihan.

Baca Juga: CIMB Niaga Mulai Kerek Bunga KPR di Kisaran 25-50 Bps

“Dengan ambil KPR Xtra Manfaat iB bisa pilih mau hubungkan dengan rekening pribadi, anak, istri atau saudara benefit-nya ada dua mau dengan skema angsuran setiap bulan lebih kecil, jadi angsuran Rp 15 juta per bulan karena tadi diperhitungkan ada bagi hasil dari beberapa tabungan yang dihubungkan maka angsuran di bulan berikutnya hanya Rp 8 juta atau Rp 9 juta per bulan,” katanya.

“Atau kedua skemanya adalah dengan angsuran tetap Rp 15 juta per bulan namun karena tadi schedule awalnya 15 tahun dan dihubungkan dengan beberapa rekening dari pihak nasabah, maka tadinya 15 tahun lunas bisa jadi lebih cepat mungkin sekitar 12 bahkan 8 tahun,” tandasnya.

Untuk diketahui, produk KPR Xtra Manfaat iB dari CIMB Niaga Syariah akan diluncurkan berbarengan dengan puncak acara Haya Fest yang diadakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 25 Februari 2023.

Selanjutnya: Berkah dari Kebijakan Pencabutan Nol Covid China Bagi Perekonomian Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Complete Three Statement Modeling Financial Statement Analysis

[X]
×