kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Delapan bank menginisiasi program pembiayaan berkelanjutan


Kamis, 31 Mei 2018 / 14:27 WIB
Delapan bank menginisiasi program pembiayaan berkelanjutan
ILUSTRASI.


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank membentuk inisiatif pembiayaan berkelanjutan di Indonesia. Pada tahap awal, sebanyak delapan bank mengawali program pembiayaan berkelanjutan, yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Bank Artha Graha, Bank BJB, BRI Syariah dan Bank Muamalat.

Bob Tyasika Ananta, Direktur Manajemen Risiko BNI mengatakan, sebanyak delapan bank ini akan menerapkan prinsip pembiayaan berkelanjutan.

"Penerapan pembiayaan berkelanjutan ini terkait dengan empat pilar sustainable finance," kata Bob dalam konferensi pers peluncuran insiatif berkelanjutan Indonesia, Kamis (31/5).

Empat pilar pembiayaan berkelanjutan yakni menyangkut SOP, manajemen risiko, kebijakan dan tata kelola organisasi. Dalam implementasi sustainable finance, bank juga melihat beberapa faktor, salah satunya produk dan SDM.

Menurut Bob, BNI dalam implementasi pembiayaan berkelanjutan ini mempunyai prinsip 3P, yaitu people, planet dan profit. BNI berkomitmen masuk ke dalam pembiayaan yang mempunyai prinsip suistanable finance, seperti kelapa sawit, pembangkit listrik, jalan tol, transportasi, konstruksi dan manufaktur.

Mohammad Irfan Direktur Manajemen Risiko BRI menyebut, terkait sustainable finance, bank juga berencana menerbitkan pembiayaan hijau seperti green bond dan green MTN.

Sementara, Indra Yurana Sugiarto, Direktur Bisnis Korporasi Bank Muamalat bilang, dengan menerapkan green financing maka risiko yang didapat bank akan lebih kecil.

Direktur Utama BRI Syariah Hadi Santoso mengatakan, terkait dengan sustainable finance, bank juga menerapkannya dalam CSR yaitu pembiayaan pada mikro hidro yang ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×