kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emirates NBD siap masuk pasar perbankan Indonesia


Minggu, 22 November 2015 / 14:37 WIB
Emirates NBD siap masuk pasar perbankan Indonesia


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Havid Vebri

BOGOR. Satu lagi bank asing tergiur gurihnya pasar perbankan Indonesia. Kali ini, bank terbesar asal timur tengah, Emirates NBD dikabarkan berencana masuk Indonesia.

Nantinya bank hasil penggabungan dua perusahaan finansial, yaitu Emirates Bank Internasional (EBI) dan National Bank of Dubai (NBD) ini akan didorong masuk ke sektor prioritas pemerintah, seperti infrastruktur, maritim dan agribisnis.

Direktur Penelitian, Pengembangan, Pengaturan, dan Perizinan Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dhani Gunawan Idat mengatakan, Emirates sudah melakukan pembicaraan dengan regulator pada bulan Oktober sampai November 2015 lalu.

Menurut Dani, bank dari UEA ini belum menjelaskan lebih detil apakah mereka ingin masuk dengan mendirian Bank Umum Syariah (BUS) atau melakuakan akusisi terhadap bank lokal.

“Itu sepenuhnya keputusan mereka apakah ingin mencari bank atau mendirikan bank baru,” ujar Dhani disela pelatihan OJK di Hotel Rancamaya, Sabtu (21/11).

Menurut Dani, untuk mendukung ekspansinya di Indonesia, bank asal UEA ini telah menyiapkan dana investasi Rp 1 triliun. Hal itu sesuai ketentuan OJK bahwa syarat mendirikan BUS menyiapkan modal minimal Rp 1 triliun.

Namun, jika nanti Emirates NBD ingin melakukan akusisi bank lokal, menurut Gunawan, OJK akan mengarahkan bank ini mengakuisis bank BUKU I. Tapi sesuai peraturan OJK, bank asing yang ingin melakukan akusisi, baik bank BUKU 2 atau BUKU 1 harus menggandeng mitra.

Selain itu, sebelum beroperasi di Indonesia, manajemen bank tersebut harus melaporkan siapa pemilik dan pengurusnya. Setelah regulator memberikan lampu hijau, baru bank tersebut bisa beroperasi di Indonesia. “Kalau mereka cepat masukan ya bisa diproses," ujar Dhani.

Menurut Dhani, jika persyaratan yang diperlukan untuk mendirikan bank syariah sudah lengkap, maka diperkirakan bank timur tengah ini sudah bisa masuk Indonesia pada tahun depan .

Sebagai informasi, Emirates NBD tercatat memiliki total Asset sebesar US$ 105,6 miliar. Bank ini mempunyai lebih dari 220 cabang dan lebih dari 900 ATM dan Cash Deposit Machines (CDM) yang tersebar di sweluruh dunia.

Beberapa kantor cabang Emirates NBD di luar Uni Emirat Arab diantaranya Mesir, Kerajaan Arab Saudi, Singapura, Inggris, dan kantor perwakilan di India, China dan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×