kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.917.000   -2.000   -0,10%
  • USD/IDR 16.295   -56,00   -0,34%
  • IDX 7.312   24,89   0,34%
  • KOMPAS100 1.036   -2,36   -0,23%
  • LQ45 785   -2,50   -0,32%
  • ISSI 243   1,24   0,51%
  • IDX30 407   -0,78   -0,19%
  • IDXHIDIV20 465   -1,41   -0,30%
  • IDX80 117   -0,14   -0,12%
  • IDXV30 118   -0,08   -0,07%
  • IDXQ30 129   -0,58   -0,45%

Inovasi Remitansi dan Solusi Digital DBS Indonesia Dukung Ekspansi Bisnis Skala Asia


Jumat, 18 Juli 2025 / 16:02 WIB
Inovasi Remitansi dan Solusi Digital DBS Indonesia Dukung Ekspansi Bisnis Skala Asia
Dok. DBS


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Transaksi bisnis internasional ataupun keperluan personal seperti membayar biaya pendidikan di luar negeri melibatkan aliran dana lintas negara. Sebagai mitra tepercaya nasabah, Bank DBS Indonesia menghadirkan IDEAL RAPID sebagai solusi digital yang memungkinkan pembayaran real-time secara seamless di seluruh kawasan Asia.

Remitansi sebagai Penggerak Ekonomi

Sebagai rumah bagi lebih dari 60% populasi dunia, Asia telah menjadi kekuatan ekonomi global. Selama beberapa dekade terakhir, ekonomi di kawasan Asia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Dalam laporan bertajuk Asian Development Outlook April 2025, Asian Development Bank (ADB) tetap optimis kawasan Asia-Pasifik akan terus menjadi penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan global, meski ekonomi global tengah melambat.

Di tengah pertumbuhan pesat ekonomi Asia yang saling terhubung, kebutuhan akan solusi finansial lintas negara yang cepat, aman, dan efisien semakin mendesak. Layanan remitansi atau transfer uang antarnegara ini dibutuhkan oleh individu maupun sektor korporasi.

Remitansi pun berpotensi menggerakkan perekonomian Indonesia maupun Asia. Menurut proyeksi ResearchAndMarkets, pasar remitansi internasional ke Indonesia diperkirakan tumbuh dengan tingkat tahunan gabungan (CAGR) sekitar 3% hingga tahun 2028. Sementara itu, Bank Dunia memprediksi bahwa aliran remitansi ke negara-negara berpendapatan menengah dan rendah akan terus meningkat, mencapai USD 690 miliar secara global pada 2025.

Di era digital, layanan remitansi menjadi semakin praktis, mudah, dan aman. Layanan remitansi berbasis teknologi modern tak hanya disediakan startup dan fintech lokal, tetapi juga industri perbankan.

Dalam ekosistem ini, Bank DBS Indonesia hadir sebagai mitra tepercaya untuk ekspansi bisnis di Asia, menawarkan solusi inovatif seperti DBS IDEAL RAPID (Real Time Application Programming Interface (API) by DBS). Melalui teknologi real-time dan integrasi digital yang mulus, pengiriman dana lintas negara kini menjadi lebih cepat, transparan, dan efisien. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan efektivitas operasional bagi pelaku usaha, tetapi juga memperkuat konektivitas ekonomi kawasan secara inklusif dan berkelanjutan.

Revolusi Layanan Remitansi Lintas Negara

Bank DBS Indonesia melalui solusi API inovatifnya, DBS RAPID, berkolaborasi dengan Topremit untuk merevolusi layanan remitansi lintas negara di Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan pengiriman dana ke berbagai negara secara lebih cepat, aman, dan efisien melalui integrasi API yang mendukung tiga fitur utama Topremit: konversi FX dengan kurs real-time, transfer telegrafik lintas negara, dan pembayaran domestik secara real-time.

Manfaat dari kolaborasi ini sangat signifikan. Topremit mampu tetap kompetitif di pasar remitansi daring yang terus berkembang, sementara nasabah menikmati pengelolaan dana yang lebih efisien dan pengalaman transaksi yang lebih cepat. Secara lebih luas, solusi ini juga mendorong inklusi keuangan di Indonesia dengan membuka akses digital ke layanan keuangan formal.

Hasil implementasinya sangat positif. Dalam kurun waktu enam bulan (Q3 2023-Q4 2024), volume transaksi remitansi DBS Indonesia meningkat 227% dengan total nilai transaksi naik Rp150 miliar, dan efisiensi transaksi membaik hingga 89,54%. Atas pencapaian ini, Bank DBS Indonesia dianugerahi penghargaan Indonesia Partner Experience of the Year (Banking) pada ajang Asian Experience Awards 2024.

Menurut Dandy Pandy, Head of Global Transaction Services Bank DBS Indonesia, kerja sama ini tidak hanya mempercepat operasional bisnis nasabah, tetapi juga memperluas jangkauan layanan ke pasar global. Kolaborasi dan akselerasi teknologi dinilai sebagai kunci untuk menjadi solusi remitansi lintas negara terdepan.

Solusi Likuiditas Terintegrasi

Bank DBS Indonesia tidak hanya menghadirkan solusi remitansi digital, tetapi juga menjadi pelopor dalam menyediakan layanan keuangan yang relevan dan adaptif terhadap dinamika pasar. Di tengah ketidakpastian global, Bank DBS Indonesia mendukung ketahanan bisnis nasabah melalui strategi diversifikasi dan berbagai solusi likuiditas yang inovatif.

Untuk mendukung ekspansi lintas negara, Bank DBS Indonesia menawarkan nilai tukar valas yang kompetitif, layanan manajemen kas, serta fasilitas modal kerja yang terintegrasi. Transformasi digital terus diperkuat, mulai dari kemudahan akses ke pasar modal bagi investor institusi hingga integrasi API yang menyederhanakan proses kerja dan mempercepat transaksi lintas negara.

Sebagai bagian dari komitmennya terhadap efisiensi operasional, Bank DBS Indonesia menawarkan solusi Cash Management bagi perusahaan besar maupun menengah. Salah satu fitur utamanya adalah Virtual Account (VA), yang memungkinkan proses rekonsiliasi otomatis dengan nomor VA unik bagi setiap pelanggan. Solusi ini menghemat waktu dan meminimalkan kesalahan pencatatan. Selain itu, QRIS Korporasi juga disediakan sebagai kanal pembayaran digital yang real-time dan aman, ideal untuk transaksi di lapangan.

Bagi perusahaan yang telah menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP), mereka dapat memanfaatkan DBS RAPID, layanan API real-time yang memungkinkan transaksi dan pelaporan terhubung langsung ke sistem internal perusahaan. Untuk pengelolaan kas lintas entitas, Liquidity Management Tools seperti cash pooling juga tersedia guna mengoptimalkan saldo kas dan menekan biaya pendanaan secara keseluruhan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan distribusi nasional memanfaatkan kombinasi Virtual Account (VA) dan QRIS dari Bank DBS Indonesia untuk memudahkan pembayaran dari ribuan outlet. Data pembayaran langsung terintegrasi ke sistem ERP melalui DBS RAPID, sementara seluruh saldo kas anak perusahaan secara otomatis digabungkan menggunakan fasilitas cash pooling agar dapat dioptimalkan oleh treasury pusat setiap akhir hari.

Penghargaan Bergengsi

Solusi digital terintegrasi yang ditawarkan Bank DBS Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai Indonesia Partner Experience of the Year untuk kategori Banking di ajang Asian Experience Awards 2024. Capaian in dianugerahkan untuk solusi DBS RAPID yang inovatif dan telah sukses mendukung lebih dari 200.000 pengguna. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas keberhasilan solusi DBS RAPID dalam meningkatkan layanan pengiriman uang lintas batas dan memberikan pengalaman digital yang unggul.

Baru-baru ini, Bank DBS Indonesia juga menerima penghargaan Triple A Treasurise Awards oleh The Asset. Penghargaan Treasurise diberikan untuk kategori Best Cash Management Bank, serta solusi klien terbaik yakni Distribution/Procurement - Best Payments and Collections Solution, sebagai bentuk pengakuan atas inovasi dan keunggulan layanan digital yang mendukung efisiensi dan transformasi bisnis nasabah korporasi.

Penghargaan ini memperkuat posisi Bank DBS Indonesia sebagai  mitra tepercaya bagi perusahaan yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya, termasuk dalam ekspansi lintas negara melalui layanan manajemen kas, nilai tukar valas yang kompetitif, serta fasilitas pembiayaan dan integrasi digital yang menyeluruh.

Selanjutnya: Dirjen Pajak Janji Evaluasi Insentif Perpajakan yang Sudah Dikucurkan

Menarik Dibaca: East Ventures Rilis Riset Lanskap AI di Kawasan Asia Tenggara, Ini Hasilnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×