kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalin Prediksi Transaksi Keuangan akan Meningkat 8% Selama Periode Nataru


Kamis, 22 Desember 2022 / 11:04 WIB
Jalin Prediksi Transaksi Keuangan akan Meningkat 8% Selama Periode Nataru


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) memperkirakan transaksi keuangan selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) akan melonjak 8% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Lonjakan transaksi terutama akan terjadi terutama pada layanan Debit dan QRIS. Hal ini terlihat dari pola transaksi ATM dan QRIS yang berdekatan dengan musim liburan sekolah, pembayaran gaji para pekerja PNS, BUMN, Swasta, dan perilaku belanja masyarakat yang meningkat dalam memenuhi kebutuhan Nataru.

Oleh karena itu, Jalin telah mempersiapkan diri dalam mengantisipasi lonjakan transaksi tersebut. Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) ini mempersiapkan sistem infrastruktur pengelolaan jaringan LINK melalui instrumen ATM, debit, maupun instrumen digital sepeti QRIS.

Baca Juga: Jelang Nataru, Pelindo Pastikan Kelancaran Arus Mudik di 63 Terminal

Jalin memastikan sinergitas layanan dengan 38 member di Indonesia agar dapat mempersiapkan dan menjaga performansi operasional untuk melayani kebutuhan Para Member dan nasabahnya dalam memberikan layanan transaksi keuangan yang optimal selama periode tersebut.

“Jalin mengambil inisiatif mensinergikan operational excellence dengan member, secara khusus untuk memaksimalkan layanan kepada nasabah dan meminimalisir hambatan serta gangguan operasional, khususnya di periode Nataru,” kata Direktur Jalin, Aries Barkah, dalam keterangan resminya, Kamis (22/12).

Dengan adanya potensi lonjakan kenaikan tersebut, Jalin siap secara operasional untuk melayani Para Member dan nasabahnya agar lebih nyaman melakukan transaksi dengan mobilitas dan frekuensi yang lebih tinggi pada periode Nataru.

Kesiapan Jalin untuk menjaga operasional performansi selama Nataru dilakukan melalui Service Level Agreement (SLA) yang sepakati dengan member yang didukung oleh strategi menjaga Threshold minimum, respon notifikasi alert, peningkatan monitoring transaksi, memaksimalkan platform JSEECA (Jalin Site & Endpoint Controller Apps) untuk menjaga performansi managed-service ATM yang dikelola Jalin dan member secara real time, pelaksanaan preventive maintenance mesin ATM, serta pengiriman Stock Part ATM lebih awal untuk dapat meminimalisir potensi downtime sehingga nasabah dapat menggunakan layanan ATM secara maksimal.

Aries menambahkan performansi operasional bisnis Jalin sampai kuartal IV 2022 secara umum cukup menggembirakan. Selain mengelola lebih dari 19.000 ATM yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, Perusahaan bertumbuh dengan bertambahnya member switching sebanyak 38 member yang terdiri dari 24 bank dan 14 non-bank.

Jalin juga secara signifikan mampu melayani transaksi pembayaran yang diprediksi mencapai lebih dari 800 juta transaksi tahun 2022. Itu termasuk adanya peningkatan transaksi QRIS hingga 10 kali lipat dengan prediksi mencapai 160 juta transaksi dan transaksi debit hingga 50% dibandingkan tahun 2021.

Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa kinerja Jalin dan Para Member meningkat pesat selama tahun 2022. “Berdasarkan proyeksi kami, untuk total transaksi QRIS sampai di akhir Desember 2022 sendiri akan mencapai 27 juta transaksi. Jalin melihat ini sebagai momentum untuk mendorong penggunaan QRIS yang lebih masif di tengah masyarakat agar mereka lebih terbiasa menggunakan QRIS sebagai alat transaksi pembayaran non-tunai yang nyaman dan aman", jelas Aries.

Ia bilang, pihaknya juga terus melakukan pengembangan fitur-fitur baru QRIS seperti seperti cross border dan TTS (Transfer, Tarik Tunai, Setor Tunai), dan senantiasa memastikan operasional layanan QRIS terjaga untuk mendukung pesatnya peningkatan transaksi QRIS.

Baca Juga: Jasamarga Transjawa Tol Catat 102.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta H-5 Natal

Jalin secara berkelanjutan terus mengedukasi dan meningkatkan awareness kepada masyarakat agar QRIS menjadi pilihan utama untuk transaksi pembayaran digital di Indonesia.

Aries menyebut Jalin tidak hanya ingin memperbaharui informasi kepada Para Member terkait produk, layanan dan performa operasional bisnis sepanjang 2022, tetapi Perusahaan juga ingin mendapatkan feedback.

“Hal itu ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Jalin dalam memberikan layanan transaksi pembayaran terbaik bagi Para Member dan nasabahnya, serta dapat mensinergikan komitmen Operational Excellence antara Jalin dengan Para Member untuk pencapaian target sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×