kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jelang tutup tahun, multifinance bersiap melunasi obligasi yang akan jatuh tempo


Kamis, 07 November 2019 / 17:53 WIB

Jelang tutup tahun, multifinance bersiap melunasi obligasi yang akan jatuh tempo
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah di Kantor pos (kapos) WOM Finance usai peresmian di Pinang Ranti, Jakarta Timur, Rabu (6/9). Sejumlah multifinance siap-siap membayarkan obligasi jatuh tempo sebelum tutup tahun 2019. KONTAN/Baihaki/6/9/2017

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah multifinance siap-siap membayarkan obligasi jatuh tempo sebelum tutup tahun 2019. Mereka telah menyediakan sumber dana untuk melunasi surat utang tersebut.

Sebanyak tiga pemain multifinance mempunyai tanggungjawab terhadap obligasi jatuh tempo tersebut. Mereka adalah PT Adira Dinamika Multifinance Tbk (Adira Finance), PT BFI Finance Tbk dan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance).

Baca Juga: Jelang deadline, OJK menyebut masih ada sepuluh multifinance bermodal cekak

Ambil contoh saja, Obligasi Berkelanjutan II Adira Finance Tahap IV Tahun 2014 Seri C yang jatuh tempo pada 12 November 2019. Nilai dana yang dihimpun dari surat utang ini adalah Rp 88 miliar.

Adira Finance telah mencadangkan dana khusus untuk membayar obligasi tersebut. Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan siap membayarkannya, dimana perseroan telah mencadangkan dana khusus dari penerimaan angsuran setiap bulan, salah satunya untuk membayar obligasi.

Adapun nilai dana yang dicadangkan perusahaan melebihi Rp 2,5 triliun.“Sisa obligasi jatuh tempo tahun ini hanya pada 12 November 2019. Yang saat ini tinggal Rp 88 miliar,” kata Hafid kepada Kontan.co.id, Kamis (7/11).

Dengan pembayaran tersebut Adira semakin mantap menggenjot pembiayaan tahun ini. Di mana perusahaan menargetkan pertumbuhan di semua portofolio pembiayaan yang hampir merata yaitu sebesar 5% hingga 10%.

Baca Juga: KoinWorks menargetkan penyaluran dana sebesar Rp 5,6 triliun tahun 2020

Sedangkan nilai obligasi jatuh tempo WOM Finance sebesar Rp 411,5 miliar. Ini merupakan bagian Obligasi Berkelanjutan III WOM Finance Tahap I Tahun 2018 Seri A dengan waktu jatuh tempo 30 Desember 2019.

Direktur Keuangan WOM Finance Zacharia Susantadiredja mengatakan bahwa perusahaan telah menyediakan dana untuk melunasi surat utang tersebut dari dana internal perusahaan. Rencana pembayaran obligasi jatuh tempo itu sesuai dengan jadwal.

“Perseroan akan mengatur dan melakukan perencanaan secara matang atas pengelolaan arus keuangan perusahaan,” ungkapnya.

Adapula Obligasi Berkelanjutan III BFI Finance Indonesia Tahap III Tahun 2017 Seri B milik BFI Finance. Perusahaan pembiayaan ini menghimpun dana dari obligasi tersebut sebesar Rp 100 miliar. Waktu jatuh tempo surat utang tersebut pada 9 November 2019.

Baca Juga: Catat, ini rencana penerbitan obligasi total Rp 18,23 triliun dari 13 emiten


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Tendi

Video Pilihan


×