kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.235.000   -2.000   -0,09%
  • USD/IDR 16.633   -23,00   -0,14%
  • IDX 8.071   27,26   0,34%
  • KOMPAS100 1.115   1,03   0,09%
  • LQ45 783   -1,20   -0,15%
  • ISSI 284   1,67   0,59%
  • IDX30 411   -0,03   -0,01%
  • IDXHIDIV20 466   -1,32   -0,28%
  • IDX80 123   0,18   0,14%
  • IDXV30 133   -0,24   -0,18%
  • IDXQ30 130   0,01   0,01%

KB Bank Amankan Dana Nasabah dari Transaksi Tidak Wajar


Kamis, 02 Oktober 2025 / 13:38 WIB
Diperbarui Kamis, 02 Oktober 2025 / 14:59 WIB
KB Bank Amankan Dana Nasabah dari Transaksi Tidak Wajar
ILUSTRASI. PT Bank KB Indonesia Tbk (BBKP) mendeteksi transaksi tidak wajar senilai 3,18 miliar won.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank KB Indonesia Tbk (BBKP) mendeteksi transaksi tidak wajar senilai 3,18 miliar won.

Mengutip Maeil Business News Korea (2/10/2025), induk usaha mereka KB Kookmin Bank mengeluarkan pengumuman terjadinya transaksi keuangan yang tidak wajar dialami KB Bank Indonesia. Namun,KB Bank bisa mengamankan transaksi tersebut.

Seperti yang diumumkan dalam situs web KB Kookmin Bank, pada tanggal 1 Oktober 2025, transaksi abnormal terjadi di rekening penyelesaian dana KB Bank pada tanggal 25 September 2025 yang lalu.

Baca Juga: Kartu Debit KB Bank Catat Pertumbuhan Transaksi Tertinggi di Jaringan ATM Bersama

Seorang pejabat dari KB Kookmin Bank menjelaskan bahwa pihaknya menduga berbagai kemungkinan, termasuk kesalahan jaringan komputer lokal. Dalam hal ini, dana senilai 3,18 won telah ditarik dari rekening tersebut meskipun tidak ada permintaan penarikan normal.

“Kami menyadari fakta tersebut pada hari transaksi dan menyelesaikan penangguhan pembayaran rekening untuk mengamankan sekitar 3,05 miliar won.” ujar pejabat tersebut seperti dikutip dari Maeil Business News Korea.

 

Adapun, kejadian seperti ini bukan yang pertama kali bagi KB Bank Indonesia. Sebelumnya,  KB Kookmin Bank juga sempat mengumumkan dugaan fraud di mana seorang karyawan KB Bank di Indonesia menangani pinjaman senilai 1,8 miliar won yang tidak memenuhi persyaratan.

Baca Juga: KB Bank Indonesia Catat Pertumbuhan Kredit 9% - 10% di Juli 2025

Kejadian ini berlangsung selama satu tahun, dari Maret tahun lalu hingga Maret tahun ini, dengan total kerugian sebesar 1,76 miliar won.

Merespons hal tersebut, VP Corporate Relations KB Bank Adi Pribadi membenarkan bahwa memang sempat terdeteksi adanya transaksi yang tidak biasa. Hanya saja, ia memastikan bahwa hal tersebut bisa dimitigasi secara cepat.

“Kami pastikan dana nasabah aman dan tidak ada yang keluar,” ujarnya kepada KONTAN, Kamis (2/10/2025).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa deteksi yang lebih awal bisa dilakukan berkat adanya sistem core banking Next Generation Banking System (NGBS) yang memang dimiliki oleh KB Financial Group. Di mana, sistem tersebut sudah dimitigasi sejak awal tahun ini.

Baca Juga: KB Bank (BBKP) Cetak Laba Bersih Rp 373 Miliar di Semester I-2025

Adi pun menghimbau nasabah KB Bank juga selalu berhati-hati dengan adanya berbagai macam penipuan. Ditambah, ia meminta nasabah selalu menjaga kerahasiaan terkait data pribadi.

“Kami meminta nasabah selalu waspada,” tambahnya.

Selanjutnya: Kinerja Masih Merugi, Pengelola Gerai KFC (FAST) Tutup 19 Gerai dan PHK 400 Karyawan

Menarik Dibaca: Waktu Terbaik Investasi Kripto, Cek Disini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×