kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Kenali Power BI, untuk mendapatkan insight tepat dalam mengambil keputusan!


Senin, 14 Juni 2021 / 10:32 WIB
Kenali Power BI, untuk mendapatkan insight tepat dalam mengambil keputusan!
ILUSTRASI. Dalam sebuah perusahaan, data menjadi salah satu aset berharga. Foto: DOK Shutterstock      

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Dalam sebuah perusahaan, data menjadi salah satu aset berharga. Sebab, data bisa menjadi dasar bagi perusahaan untuk mengambil keputusan penting yang berkaitan dengan perkembangan usaha mereka.  

Oleh karenanya, banyak perusahaan membutuhkan profesional dengan kemampuan yang berkaitan dengan data. Data analysis, data science dan data management merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan di masa sekarang.

Data analysis merupakan bagian dari business intelligence yang bertugas mengubah data menjadi actionable insight. Actionable insight sendiri memungkinkan para bisnis leader untuk melakukan perubahan atau mempertahankan tindakan yang telah diambil. 

Ya, dengan data analysis perusahaan bisa mengetahui tren yang sedang berkembang, baik yang menyangkut  produk yang mereka tawarkan hingga kondisi keuangan perusahaan. Misalnya, berapa banyak pinjaman perusahaan dibandingkan tahun lalu? Produk kategori mana yang memberikan margin penjualan tertinggi di Q4? 

Baca Juga: Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Investor Pemula

“Biasanya, data analysis ini dilakukan oleh masing-masing departemen, seperti penjualan, keuangan, human resource (HR) hingga operasional. Jadi, lebih umum dilakukan oleh semua departemen dalam perusahaan untuk mendapatkan actionable insight," terang Ikin Solihin, seorang praktisi keuangan yang saat ini menjadi pembicara dalam Webinar Kontan Academy.

Ada beberapa skill yang diperlukan data analysis seperti statistik, data transformasi, data visualisasi  dan business knowledge. Data analysis umumnya memakai tool seperti Excel, Power Query, Power Pivot, SQL, Power BI dan Tableau. 

Baca Juga: Wajib Dimiliki, Berikut Manfaat Dana Darurat

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×