kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Koperasi Warga Semen Gresik kembangkan aplikasi mobile


Minggu, 16 September 2018 / 20:49 WIB

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hadapi industri 4.0, Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) terus mengembangkan tekonologi digitalisasi dalam menjalankan usahanya. Hal ini dilakukan sebagai langkah dalam persaingan bisnis antar lembaga keuangan modern.

"Pengembangkan digitalisasi teknologi koperasi menjadi kunci agar koperasi tetap eksis dalam menghadapi perkembangan zaman. Digitalisasi teknologi koperasi yang dilakukan KWSG dilakukan hampir di semua unit usahanya,” kata Ketua Pengurus KWSG, Rudhy Rianto Setiawan dalam keterangan tertulis, Minggu (16/9).

Saat ini, KWSG telah memiliki tujuh unit usaha, yakni unit simpan pinjam, ritel dengan brand V Mart, the legend resto, perdagangan umum, unit ekspedisi, unit perdagangan bahan bangunan, dan pabrik gress board.

Saat ini manajemen sedang membuat aplikasi KWSG mobile. Aplikasi ini untuk mengetahui besarnya dana simpananya, bahkan dengan aplikasi KWSG mobile anggota bisa memanfaatkan ragam fitur - fitur atraktif dalam transaksi.

Menurut Rudhy, keberadaan digitalisasi di KWSG ini telah mampu memberikan efisiensi dalam menjalankan manajemen koperasi. Sebab, sejak adanya digitalisasi makin memudahkan dalam koordinasi dengan para pengurus dan pengelola koperasi serta unit-unit bisnis dibawah naungan KWSG.

Ia menambahkan, saat ini KWSG telah memiliki 70 cabang untuk unit perdagangan bahan bangunan. Cabang tersebut tersebar di seluruh Pulau Jawa, dan nantinya akan dikembangkan di luar pulau Jawa.

Koperasi yang berdiri sejak 1963 ini, kini telah memiliki anggota sebanyak 6.000 orang. Anggota tersebut mayoritas adalah karyawan PT Semen Indonesia.

Sementara itu, total asetnya per akhir tahun 2017 telah mencapai Rp 1,24 triliun. Hingga akhir tahun, Rudhy menargetkan pertumbuhan aset naik sekitar 6% hingga 10% dibanding tahun 2017.

 


Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Sanny Cicilia
Video Pilihan


Close [X]
×