kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Langkah Bank BTN untuk Menjaga Keamanan Data Nasabah


Minggu, 18 September 2022 / 21:42 WIB
Langkah Bank BTN untuk Menjaga Keamanan Data Nasabah
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi pada ATM di?kantor cabang Bank BTN, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Langkah Bank BTN untuk Menjaga Keamanan Data Nasabah.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Jagat media sosial tanah air diramaikan oleh fenomena hacker atau peretas yang membocorkan data pribadi pejabat dan instansi pemerintahan.

Fenomena tersebut tidak bisa dihiraukan oleh perbankan untuk menjaga keamanan data pribadi nasabahnya. Oleh karena itu, beberapa bank turut merespons hal ini, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) misalnya, membeberkan beberapa hal yang dilakukan oleh BTN dalam menjaga keamanan data pribadi nasabahnya.

Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto menyatakan bahwa BTN sebagai institusi keuangan adaptif dalam memberikan layanan digital dan melakukan pengamanan sesuai dengan standar regulator yang berlaku dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan industri keamanan TI Dunia.

Baca Juga: Utamakan Keamanan Nasabah, BCA Punya Standar Keamanan untuk Mencegah Kebocoran Data

Untuk itu, Andi menerangkan empat hal yang telah dilakukan BTN dan akan terus ditingkatkan.

Pertama, pengamanan informasi salah satu pilar yang terus ditingkatkan implementasi dan investasinya, mencakup people, process, dan teknologi. 

Kedua, dari sisi teknologi, pengamanan menggunakan teknologi terkini seperti dalam hal data at rest (enkripsi dan data masking), data on transit (pengamanan data di jaringan internet atau VPN) dan data at use (teknologi anti dumping atau data lost prevention).

Ketiga, dari sisi proses, pengetesan atau drill test atau pentest untuk menilai apakah pengamanan pada sisi teknologi sudah efektif. Dan melibatkan 3 tier yaitu IT, Risk dan Compliance, dan Audit. 

Keempat, dari aspek People, BTN memberikan sosialisasi rutin kepada internal team dan juga kepada nasabah untuk turut menjaga data yang terkait dengan transaksi seperti nomor rekening, PIN, Password, dan data pribadi lainnya).

Baca Juga: Bank BRI Beberkan Cara Mengamankan Data Nasabah

Dari sisi budget capex dan opex yang dibutuhkan oleh BTN untuk melaksanakan pengamanan Bank bertumbuh sesuai dengan rencana bisnis Bank (RBB), dan tercantum dalam rencana strategis TI BTN yang disusun bekerja sama dengan konsultan internasional.

"Setidaknya, 30% sampai 40% budget kami alokasikan untuk pengamanan," pungkas Andi, Jumat (16/9).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×