kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.357.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengintip Strategi KB Bank Menerapkan Prinsip ESG


Rabu, 22 Mei 2024 / 09:50 WIB
Mengintip Strategi KB Bank Menerapkan Prinsip ESG
ILUSTRASI. KB Bank menerapkan prinsip-prinsip ESG dalam operasional hingga produk dan layanan


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cita-cita mewujudkan target net zero emission (NZE) kerap digaungkan industri perbankan dalam beberapa tahun terakhir. PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bank) menjadi salah satu yang secara nyata telah menuju target tersebut.

Dalam perjalanan menuju target tersebut, KB Bank aktif melakukan prinsip-prinsip environmental, social and governance (ESG). Tak hanya dalam proses bisnis, unit usaha KB Financial Group (KBFG) di Indonesia ini juga menerapkan ESG dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong menuturkan, integrasi dari prinsip-prinsip tersebut diterapkan KB Bank dalam operasional dan kebijakan pembangunan berkelanjutan.

Ambil contoh, KB Bank aktif mengelola kantor-kantor dengan prinsip ramah lingkungan. Salah satunya dengan menerapkan konsep 3R, yakni reduce, reuse recycle. Ini dilakukan untuk mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi sumber daya.

Baca Juga: Rasio LAR Turun di Bawah 27%, KB Bank Terus Perluas Kolaborasi dan Pembiayaan

Menurut Robby, ini menjadi salah satu upaya KB Bank untuk mengurangi dampak lingkungan dan sosial yang bersifat negatif dari kegiatan bisnisnya, serta untuk mencari solusi terhadap tantangan lingkungan global, melalui praktik bisnis yang berkelanjutan.

Tak hanya itu, Robby menyebutkan KB Bank selalu menjaga tatakelola perusahaan yang baik, termasuk transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi dan keadilan dalam semua aspek bisnis dan operasionalnya.

“KB Bank memiliki kebijakan dan pedoman yang ketat terkait pelayanan nasabah, serta standar kualitas layanan yang sama di setiap kantor,” papar Robby.

Isu lingkungan dan ESG memang merupakan isu penting bagi KBFG. Asal tahu saja, KBFG merupakan salah satu perusahaan keuangan yang pertama kali menjalankan prinsip ESG di Korea Selatan (Korsel).

Baca Juga: Terapkan Prinsip ESG, KB Bank Terus Mendongkrak Kredit Hijau

KBFG juga berhasil masuk anggota Carbon Management Honors Club yang disusun oleh Carbon Disclosure Project (CDP), organisasi nirlaba yang berbasis di Inggris dan bergerak di bidang lingkungan.

KBFG memiliki tiga program besar dalam menerapkan strategi ESG. Yang pertama ada KB Green Wave 2030.

Lewat program ini KBFG berupaya meningkatkan produk, investasi dan pinjaman ESG mencapai 50 triliun won di 2030. Selain itu, KBFG juga menargetkan produk, investasi dan pinjaman terkait lingkungan mencapai 25 triliun won di 2030.

Yang kedua, program Net Zero S.T.A.R. Lewat program ini, KBFG menargetkan emisi internal bisa berkurang 42% di 2030 dan mencapai nol di 2040. Sementara emisi pembiayaan berkurang 33,3% di 2030 dan mencapai nol di 2050.

Baca Juga: KB Bank (BBKP) Resmi Ganti Merek dan Logo, Lakukan Perubahan Besar di Digital Banking

Ketiga, KBFG memiliki program KB Diversity 2027. Sesuai namanya, KBFG menargetkan, di 2027, perusahaan ini bisa mencetak hiring diversity mencapai 15%, gender diversity mencapai 20% dan capability diversity mencapai 30%.

Tapi, Robby menuturkan, penerapan ESG yang dilakukan KB Bank tak begitu sama dengan penerapan ESG KB Financial Group di Korea Selatan. “Sebagai gambaran, KB Bank di Indonesia lebih menitikberatkan pada isu-isu sosial tertentu yang relevan dengan masyarakat setempat,” tambahnya.

Namun demikian, Ia memastikan baik di Indonesia maupun di Korea Selatan secara keseluruhan tetap mengedepankan prinsip-prinsip ESG dalam seluruh layanannya, sejalan dengan nilai-nilai KBFG dan komitmen mereka terhadap pembangunan berkelanjutan.

Robby menambahkan  dengan masuknya KBFG melalui KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham, telah terjadi perubahan positif dalam berbagai aspek bisnis KB Bank. Salah satu perubahan utama adalah penempatan berbagai ahli dari KBFG di berbagai tingkatan manajemen dan unit bisnis inti KB Bank.

Baca Juga: KB Bank Tebar Promo untuk Rayakan Perubahan Nama dan Logo

Ia melihat pengetahuan dan pengalaman profesional yang dimiliki oleh tenaga ahli dari KBFG ditransfer ke pegawai KB Bank, yang secara signifikan meningkatkan kompetensi kerja.

Selain itu, KB Bank berencana mengadopsi Environmental & Social Risk Management yang telah diterapkan oleh KBFG. “Ini berarti KB Bank akan mendukung pembiayaan di sektor-sektor berkelanjutan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh KBFG.”

Tujuan utamanya untuk memastikan penerapan prinsip ESG di KB Bank sejalan dengan standar yang telah ditetapkan oleh KBFG, yang dikenal sebagai salah satu pelopor dalam penerapan ESG di Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×