kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Meski menurun, RoA BCA Finance sudah melebihi target tahun ini


Rabu, 17 Juli 2019 / 21:26 WIB
Meski menurun, RoA BCA Finance sudah melebihi target tahun ini

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rasio profitabilitas perusahaan pembiayaan PT BCA Finance menurun tipis di bulan Mei 2019 secara year on year (yoy). Salah satunya terlihat dari penurunan return on asset (RoA).

Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim mengatakan, sampai dengan Mei 2019, anak usaha PT Bank Central Asia Tbk ini mencatat RoA di angka 27,4%, menurun dibandingkan periode yang sama di tahun 2018 yakni 27,7%. Meskipun menurun, jumlah tersebut sudah melebihi target RoA tahun ini sebesar 21,53%.


Roni mengatakan, penurunan RoA ini dipengaruhi oleh pencapaian bisnis yang tidak sesuai target di bulan Mei 2019. "Di bulan Mei ini turun tipis. Mungkin ada perubahan aset saja dan ada tambahan aset," kata Roni kepada Kontan.co.id, Rabu (17/7).

RoA merupakan instrumen untuk mengukur kemampuan suatu multifinance, dalam menghasilkan keuntungan dibandingkan dengan total aset yang dimiliki. Semakin tinggi RoA berarti rasio profitabilitas terhadap aset multifinance semakin baik.

BCA Finance mencatatkan total aset sebesar Rp 8 triliun di Juni tahun 2019. Total aset ini stabil dalam setahun terakhir.

BCA Finance mencetak total booking per Juni 2019 sebesar Rp 16,2 triliun, turun 7,1% dari Juni 2018 sebesar Rp 17,5 triliun.




TERBARU

Close [X]
×