Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk memperkenalkan layanan baru bagi segmen wholesale yang dapat membantu meningkatkan efektivitas dan optimalisasi likuiditas.
Menggunakan konsep virtual account, layanan Mandiri Smart Account ini memberikan solusi pengelolaan dana, kemudahan identifikasi dan rekonsiliasi transaksi perusahaan.
Baca Juga: Bank Mandiri siap salurkan 60% KUR ke sektor produksi tahun ini
Senior Vice President Transaction Banking Wholesale Sales Bank Mandiri Tri Nugroho mengatakan, inovasi layanan transaksional ini melengkapi beragam layanan cash management Bank Mandiri bagi perusahaan, seperti Mandiri Cash Management, Mandiri Virtual Account, dan Mandiri Corporate Payable.
“Salah satu strategi kami dalam mengembangkan bisnis adalah pendekatan customer-focus yaitu desain layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, termasuk korporasi yang memiliki struktur organisasi besar dan kompleks. Oleh karena itu, kami memperkenalkan konsep virtual account sebagai media baru bagi perusahaan untuk mengatur alokasi dana operasional," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Minggu (17/11).
Baca Juga: Bank Mandiri gandeng Sinarmas Land tawarkan promo KPR dengan bunga mulai 4,5%
Pada layanan Mandiri Smart Account ini, dia menjelaskan, perusahaan dapat menerbitkan sejumlah virtual account di bawah satu atau beberapa giro induk, sebagai media transaksi perusahaan. Adapun, pencatatan transaksi dilakukan baik pada virtual account dan rekening giro induk.
“Metode ini memudahkan perusahaan memantau seluruh transaksi virtual account hanya melalui rekening induk sehingga dapat membantu mengetahui posisi likuiditas dengan lebih cepat. Di sisi lain, para pemegang virtual account tetap dapat memantau transaksi masing-masing. Dengan demikian, seluruh kegiatan operasional bisa berjalan sesuai perencanaan tanpa terganggu proses pencairan anggaran, kata Tri.
Sedangkan untuk kemudahan transaksi pemegang virtual account, katanya, Bank Mandiri menawarkan beragam fitur transaksi seperti transfer, belanja EDC, sampai dengan top-up e-money. Transaksi dapat dilakukan melalui varian channel Mandiri Cash Management, ATM, EDC dan Teller.
Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir temu Jokowi serahkan tiga kandidat Dirut MIND ID
Tri menambahkan, salah satu keuntungan layanan Mandiri smart account ini adalah fleksibilitas perusahaan dalam mengatur virtual account yang dapat dilakukan dengan menggunakan web-based portal.
Dengan metode ini, perusahaan secara swakelola dapat membuka virtual account, mengatur limit, menetapkan pemegang virtual account sampai dengan mengalokasikan kartu debit kepada pemegang virtual account.
Mengingat layanan ini memang dikhususkan untuk nasabah korporasi yang besar dan kegiatan operasional yang kompleks, maka layanan Mandiri Smart Account ini hanya ditawarkan kepada perusahaan atau institusi yang memenuhi ketentuan yang ditetapkan Bank Mandiri, tutur Tri.
Baca Juga: Makin turun, ini bunga deposito teranyar BCA, Bank Mandiri, BNI dan BRI
Saat ini, tambah Tri, layanan Cash Management Bank Mandiri menjadi produk tansaksional yang memberikan kontribusi signifikan kepada perseroan.
Per Oktober 2019, layanan Cash Management telah digunakan 33.056 korporasi dengan kontribusi fee based income sebesar Rp 99.01 M , tumbuh 31.7%% secara yoy.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News