kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Sematkan Peringkat idAAA kepada Eximbank


Sabtu, 16 April 2022 / 15:45 WIB
Pefindo Sematkan Peringkat idAAA kepada Eximbank


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAAA untuk Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) dan Obligasi Berkelanjutan III-IV. 

Pefindo juga menegaskan peringkat idAAA(sy) untuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I-II.  Eximbank siap melunasi Obligasi Berkelanjutan IV Tahap V/2019 Seri B Rp621 miliar dan Obligasi Berkelanjutan III Tahap V /2017 Serie B senilai Rp 436 miliar yang akan jatuh tempo masing-masing pada 9 Juli 2022 dan 15 Agustus 2022.

"Hal ini didukung oleh aset likuid dalam bentuk giro pada Bank Indonesia dan bank lain, serta penempatan pada bank lain, sebesar Rp17,3 triliun pada akhir Desember 2021," kata Pefindo, dalam keterangan resmi, Kamis (14/4). 

Prospek untuk peringkat perusahaan adalah stabil. Sementara efek utang dengan peringkat idAAA mempunyai peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo. 

Baca Juga: Bank Victoria Raih Peringkat idA- dari Pefindo

Oleh karena itu, kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dibandingkan obligor lain adalah lebih unggul. Akhiran (sy) mengindikasikan peringkat mempersyaratkan pemenuhan prinsip syariah.

Peringkat mencerminkan status sovereign Indonesia Eximbank, profil permodalan yang sangat kuat, dan posisi yang kuat di segmen pembiayaan ekspor. Namun peringkat dibatasi oleh kualitas aset dan profitabilitas yang sangat lemah.

Peringkat dapat diturunkan bila komitmen pemerintah untuk memperkuat permodalan Indonesia Eximbank tidak dilaksanakan sesuai dengan UU No. 2/2009, atau bila UU baru yang lebih tinggi diberlakukan, dimana UU baru tersebut menghapuskan status sovereign Eximbank. 

"Tekanan dalam peringkat juga dapat terjadi jika pemerintah tidak memberikan dukungan yang tepat pada waktunya dan memadai kepada Indonesia Eximbank," jelas Pefindo. 

Baca Juga: Outlook Stabil, Bank BJB Raih Peringkat idAA

Indonesia Eximbank merupakan lembaga keuangan khusus yang didirikan berdasarkan Undang-Undang No.2/2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia. 

Indonesia Eximbank berfungsi mendukung program ekspor nasional melalui penyediaan fasilitas pembiayaan, penjaminan, dan/atau asuransi baik secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah di dalam maupun di luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×