kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,16   5,43   0.61%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pinjaman Usaha PNM Mekaar Membawa Berkah Bagi Kaum Ibu-Ibu di Batu


Rabu, 03 Januari 2024 / 18:56 WIB
Pinjaman Usaha PNM Mekaar Membawa Berkah Bagi Kaum Ibu-Ibu di Batu
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Ultra Mikro Online


Reporter: Dimas Andi, Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - BATU. Salah satu manfaat kehadiran gerai co-location Sentra Layanan Ultra Mikro (SenyuM) adalah kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses pinjaman usaha ultra mikro (UMi).

Kepala Unit BRI Unit Batu 2 Muhammad Rusdi Yuliansah Zen mengemukakan, co-location SenyuM memungkinkan nasabah untuk mendapatkan layanan keuangan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Permodalan Nasional Madani (PNM), dan PT Pegadaian dalam satu tempat yang sama.

Khusus untuk PNM, di co-location SenyuM Batu tersedia layanan PNM Mekaar atau Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera. PNM Mekaar pada dasarnya merupakan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera.

Baca Juga: Menilik Industri Batik Tulis di Desa Megulung Kidul, Salah Satu Desa BRIlian

Dalam hal ini, PNM Mekaar menyasar kalangan ibu-ibu yang hendak membuka usaha, namun belum memiliki pengalaman menjadi pengusaha. Biasanya, mereka menghadapi keterbatasan akses seperti kendala formalitas, skala usaha, dan ketiadaan agunan untuk memperoleh pinjaman.

Manfaat pinjaman PNM Mekaar bagi nasabah antara lain peningkatan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, penanaman budaya menabung, serta kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.

Para nasabah yang hendak mengakses layanan PNM Mekaar dapat membentuk kelompok maksimal berisi 30 orang. Jika melebihi 30 orang, maka kelompok tersebut bisa dipecah menjadi dua kelompok. Adapun dana yang dapat dicairkan untuk PNM Mekaar di co-location SenyuM BRI Unit Batu 2 berada di kisaran Rp 3 juta sampai Rp 10 juta.

“Dana pinjaman ini biasanya dipakai untuk modal usaha pertanian, perternakan, dan untuk berjualan,” kata Zen kepada Tim Jelajah KONTAN, 7 Desember 2023.

Dia menambahkan, sepanjang Januari hingga 29 November 2023, co-location SenyuM BRI Unit Batu 2 telah merealisasikan PNM Mekaar sebanyak Rp 23,79 miliar kepada para nasabah.

Baca Juga: Perbandingan Pinjaman ULaMM dari PNM dengan Pinjaman Online, Lebih Baik Mana?

Selain menyalurkan pinjaman, co-location SenyuM BRI Unit Batu 2 juga berhasil mendorong 207 nasabah PNM untuk naik kelas hingga November 2023. “Kami tentu menginginkan jumlah nasabah PNM yang lebih banyak untuk naik kelas pada 2024,” ujar Zen.

Tatkala nasabah PNM mampu naik kelas, lanjut dia, maka nasabah tersebut bisa mengakses layanan BRI dengan lebih mudah, salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×