Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Pada bulan Ramadan dan Lebaran, penyaluran kredit konsumer diproyeksikan akan moncer. Sejumlah bank pun tercatat telah menggenjot penyaluran melalui beragam cara, salah satunya yakni dengan menebar promo.
PT Bank Mandiri misalnya, pada momen Ramadan kali ini atau selama periode 24 Februari hingga 7 April 2025 menawarkan diskon hingga Rp 1.446.000 serta berbagai promo menarik yang bisa dinikmati menggunakan Mandiri Kartu Kredit/Debit, QRIS Livin', Livin' Paylater, Livin'poin, dan pembelian produk merchant melalui fitur Livin' Sukha.
"Bank Mandiri juga menghadirkan promo menarik selama momen Ramadhan berupa bunga dan diskon provisi yang sangat kompetitif," ungkap VP Mortgage Product Development Bank Mandiri Ruby Indra kepada kontan.co.id, Jumat (7/3).
Ruby mengatakan, dengan berbagai promo yang diberikan, kredit konsumer pun diproyeksikan akan ada pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.
"Segmen yang mendorong pertumbuhan adalah first home buyer dengan limit dibawah Rp 1 miliar. Hingga Februari kemarin, penyaluran kredit konsumer juga tetap tumbuh cukup baik secara tahunan," ujarnya.
Baca Juga: Beban Penugasan Pemerintah Bisa Jadi Sentimen Negatif Saham Bank BUMN
Tak mau kalah, PT Bank Central Asia (BCA) juga menawarkan beragam promo menarik untuk menggenjot penyaluran kredit konsumer.
Salah satu strategi BCA yaitu kembali melaksanakan BCA Expoversary 2025 yang menghadirkan penawaran spesial suku bunga KPR BCA 2,68% eff.p.a fix 3 tahun dengan penempatan sejumlah dana, biaya provisi 0,68% dan diskon biaya administrasi 50%, bunga 2,88% flat p.a. tenor 2 dan 3 tahun untuk KKB BCA, serta program DP 0% untuk KKB BCA dan KSM BCA.
EVP Corporate and Social Responsibility BCA Hera F Haryn mengatakan, hal ini dilakukan untuk menstimulus permintaan kredit dengan pengenaan bunga yang terjangkau oleh masyarakat, sehingga keberlanjutan pembiayaan terjaga.
"Kebijakan ini juga dimaksudkan untuk turut serta menggerakkan roda perekonomian dan menjaga pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.
Dengan berbagai strategi tersebut, BCA memproyeksikan terjadinya kenaikan permintaan kredit konsumer pada momen Ramadan dan Idul Fitri. Hal ini disebut Hera sejalan dengan tren peningkatan konsumsi serta mobilitas masyarakat saat momentum tersebut.
Sementara Direktur Utama Bank Permata Meliza M. Rusli mengungkapkan, khusus di bulan Ramadan ini, Permata Bank fokus untuk memberikan kemudahan kepada nasabah consumer banking untuk lebih mudah menggunakan layanan perseroan pada waktu mereka travelling.
"Jadi yang banyak kami tekankan di sini adalah kemudahan dalam menggunakan permata ME Mobile Banking, dan salah satu fitur yang kami baru luncurkan itu adalah permata ME Saver, dimana dengan permata ME Saver ini, nasabah kami bisa dengan mudah menggunakan 13 currency di dunia. Jadi pada waktu travelling bisa memilih currency mana yang paling sesuai dengan nasabah-nasabah kami," jelasnya.
Kemudian kalau dari sisi kredit, Permata Bank juga memiliki beberapa promo yang ada hubungannya dengan Personal Loan atau KTA dan juga credit card.
"Dan tentu kami melihat bahwa segmen ini yang mungkin akan mengalami kenaikannya selama bulan Ramadan," tambahnya.
Selain itu, kata Meliza dengan adanya tunjangan hari raya, karena lumayan banyak nasabah consumer banking Permata Bank dari payroll customer, jadi pihaknya juga memberikan promo yang berhubungan dengan investasi.
"Jadi investasi di world product yang ada di dalam permata bank, terutama melalui permata ME, melalui mobile banking kami," ucapnya.
Menurutnya, dengan berbagai strategi yang diberikan diproyeksikan adanya kenaikan pada penyaluran kredit konsumer di momen Ramadan dan Lebaran tahun ini.
Baca Juga: Bank Emas Diusulkan Jadi Tabungan Haji, BPKH: Kita Sudah Siap
Selanjutnya: ICW Minta Badan Gizi Nasional Transparan Kelola Anggaran Program MBG
Menarik Dibaca: 14 Ramuan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi secara Alami
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News