kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.590.000   29.000   1,13%
  • USD/IDR 16.782   -20,00   -0,12%
  • IDX 8.538   -46,87   -0,55%
  • KOMPAS100 1.181   -4,39   -0,37%
  • LQ45 845   -3,52   -0,41%
  • ISSI 305   -2,17   -0,71%
  • IDX30 436   -0,64   -0,15%
  • IDXHIDIV20 511   0,73   0,14%
  • IDX80 132   -0,80   -0,61%
  • IDXV30 138   -0,07   -0,05%
  • IDXQ30 140   0,34   0,25%

Simak Tips dari BRI agar Aman Bertransaksi Perbankan Saat Nataru


Rabu, 24 Desember 2025 / 11:11 WIB
Simak Tips dari BRI agar Aman Bertransaksi Perbankan Saat Nataru
ILUSTRASI. Pertumbuhan Transaksi Perbankan via Kartu Debit dan Kredit Makin Mengecil (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Memasuki periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai modus penipuan yang kerap meningkat seiring melonjaknya aktivitas transaksi perbankan.

Tingginya mobilitas masyarakat serta intensitas penggunaan layanan digital berpotensi dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan perbankan.

Berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat selama libur Nataru 2025 diperkirakan mencapai 119 juta orang atau sekitar 42,6% dari total penduduk Indonesia.

Baca Juga: Bank Mega Syariah Ikut Sindikasi Rp 870 Miliar untuk Proyek Borneo Bay Mall

Lonjakan mobilitas ini turut mendorong peningkatan transaksi tunai maupun non-tunai melalui berbagai kanal layanan perbankan.

Sejalan dengan kondisi tersebut, BRI memastikan seluruh infrastruktur dan sistem layanan transaksi berada dalam kondisi optimal dan siap melayani kebutuhan nasabah.

BRI mengoperasikan lebih dari 19.600 unit ATM dan CRM, didukung sekitar 1,19 juta AgenBRILink, lebih dari 284 ribu EDC merchant, jutaan titik akseptasi QRIS, serta kartu uang elektronik BRIZZI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Information Technology (IT) BRI Saladin D. Effendi menegaskan bahwa selain menjaga keandalan layanan, BRI juga menempatkan aspek keamanan transaksi sebagai prioritas utama, khususnya pada momen libur panjang.

“Pada periode Nataru, aktivitas transaksi perbankan cenderung meningkat signifikan. Karena itu, BRI tidak hanya memastikan kesiapan infrastruktur dan sistem IT dengan target success rate transaksi hingga 99,9%, tetapi juga terus mengedukasi nasabah agar lebih waspada terhadap berbagai modus penipuan,” ujar Saladin dalam siaran pers, Rabu (24/12/2025).

Baca Juga: Obligasi Keberlanjutan Tahap 1 Bank Mandiri Oversubscribed 3,10 Kali

Saladin menekankan pentingnya menjaga kerahasiaan data perbankan. BRI menegaskan tidak pernah meminta data sensitif seperti PIN, password, One Time Password (OTP), maupun kode verifikasi melalui telepon, pesan singkat, email, atau media sosial.

“Jika ada pihak yang mengatasnamakan BRI dan meminta data rahasia, dapat dipastikan itu adalah penipuan. Kami mengimbau nasabah untuk tidak menanggapi dan segera melakukan konfirmasi melalui kanal resmi BRI,” tegasnya.

Selain itu, nasabah juga diimbau untuk selalu bertransaksi melalui kanal resmi BRI, seperti aplikasi BRImo yang diunduh melalui platform resmi, serta menggunakan ATM, CRM, dan AgenBRILink yang terpercaya.

BRI juga mengingatkan agar nasabah menghindari penggunaan jaringan internet publik atau koneksi WiFi di tempat umum yang tidak aman saat melakukan transaksi digital.

Baca Juga: Simak Jadwal Operasional BRI Selama Libur Nataru 2025-2026

BRI turut menganjurkan nasabah untuk rutin melakukan pengecekan transaksi. Dengan mengaktifkan notifikasi transaksi dan memantau mutasi rekening secara berkala, nasabah dapat lebih cepat mendeteksi adanya transaksi yang tidak dikenali.

“Nasabah perlu mewaspadai berbagai modus penipuan yang kerap muncul saat Nataru, seperti penawaran hadiah palsu, promo fiktif, permintaan pembayaran tertentu, hingga tautan mencurigakan yang menyerupai situs resmi,” tambah Saladin.

Sebagai bagian dari komitmen menjaga kepercayaan nasabah, BRI juga memperkuat layanan pengaduan dan penanganan keluhan selama periode Nataru.

Penguatan tim dilakukan untuk memastikan setiap laporan dapat ditangani secara cepat, tepat, dan sesuai dengan standar service level agreement (SLA).

Baca Juga: Tahun Depan, Urun Dana ICX Tak Hanya Kejar Kuantitas Pendanaan

Dengan kesiapan infrastruktur layanan, penguatan sistem keamanan, serta peran aktif nasabah dalam menjaga data pribadi, BRI optimistis dapat menghadirkan layanan perbankan yang aman, nyaman, dan andal selama libur Natal dan Tahun Baru.

BRI mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan bertransaksi secara bijak agar momen Nataru dapat dinikmati dengan tenang dan aman.

Selanjutnya: Bank Mega Syariah Ikut Sindikasi Rp 870 Miliar untuk Proyek Borneo Bay Mall

Menarik Dibaca: Sambut Libur Akhir Tahun, Bridgestone Hadirkan Layanan Cek Ban di Tol Cikampek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Video Terkait



TERBARU

[X]
×