kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga mitigasi risiko KOP-AJA, platform koperasi digital yang baru saja meluncur


Kamis, 19 September 2019 / 20:16 WIB

Tiga mitigasi risiko KOP-AJA, platform koperasi digital yang baru saja meluncur


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Koperasi Kredit Union Indonesia meluncurkan aplikasi KOP-AJA (Koperasi Aja) yang merupakan platform digital keuangan koperasi pertama di Indonesia.

Heryanto Gunawan selaku Founder KOP-AJA mengatakan, aplikasi ini bertujuan untuk memberikan layanan kepada masyarakat untuk berinvestasi dan mendapatkan bunga sebesar 18%-22% per tahunnya dengan mengedepankan keamanan dalam berinvestasi.

Dalam menjalankan bisnisnya, Heryanto Gunawan bilang KOP-AJA telah siapkan tiga mitigasi risiko. Ketiga mitigasi risiko tersebut yakni value of asset, prime location, dan aset koleteral.

Baca Juga: Kredit Union Indonesia luncurkan platform koperasi digital KOP-AJA

"Untuk value of asset, risiko dengan menitikberatkan pada nilai aset itu sendiri, nilai aset berbanding terbalik dengan nilai pinjaman atau pembiayaan sehingga apabila aset itu dieksekusi pasti dapat melunasi semua nilai utang atau pinjaman keseluruhan," kata Heryanto Gunawan kepada Kontan.co.id, Kamis (19/9).

Lanjut Heryanto, prime location merupakan pencegahan ini dititikberatkan pada nilai strategis lokasi aset, sehingga aset mempunyai nilai jual yang stabil sehingga tidak mengalami fluktuasi harga dan terus meningkat seiring dengan waktu.

Sedangkan aset koleteral, aset yang didapatkan Kredit Union Indonesia karena nilai pembiayaan di bawah nilai aset sehingga selain dijual, juga dapat dijadikan jaminan kepada pihak ke tiga untuk mendapatkan dana segar yang baru.

KOP-AJA sebagai platform digital keuangan koperasi saat ini masih diawasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM). Sejak hadir bulan lalu, pengguna platform ini sudah mencapai 370 orang.

Sedangkan untuk nilai nominal berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu dan tanpa risiko dan bebas biaya penarikan saldo dan bunga investasi.


Reporter: Ahmad Ghifari
Video Pilihan


Close [X]
×