Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dessy Rosalina
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank besar telah mempunyai beberapa strategi untuk meningkatkan fee based income atau pendapatan non bunga. Hal ini salah satunya dilakukan dengan bekerja sama dengan e-commerce.
Thomas Wahyudi, SVP Transaction Banking Retail Sales Group Bank Mandiri bilang potensi pertumbuhan fee based dari e-commerce ke depan masih cukup besar.
"Karena bisnis e-commerce tumbuh sangat pesat seiring pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia," kata Thomas kepada Kontan.co.id, Selasa (28/11).
Saat ini, menurut Thomas, BRI sudah bekerja sama dengan 2000-an merchant online dan ribuan merchant individu lain. Kerja sama bank dengan e-commerce ini sangat variatif mulai dari pembayaran hingga cash management.
Santoso, Direktur BCA bilang saat ini sudah banyak e-commerce yang melakukan kerja sama dengan BCA.
"Mereka bisa menggunakan platform pembayaran e-commerce seperti Klikpay, MIGS, Sakuku dan Virtual Account," kata Santoso kepada kontan.co.id.
Santoso bilang volume transaksi pembayaran e-commerce yang menggunakan sistem BCA mencapai Rp 18 triliun tumbuh 20% secara yoy.
Dadang Setiabudi, SEVP Teknologi Informasi BNI bilang bank menyiapkan banyak tipe pembayaran Internet Payment Gateway (IPG) untuk digunakan sebagai layanan pembayaran merchant e-commerce.
"Ada lebih dari 2700 merchant e-commerce yang sudah bekerja sama dengan BNI
Ini mengontribusi sekitar 30% dari volume transaksi bisnis acquiring keseluruhan," kata Dadang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News