kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bumiputera, Jiwasraya, kini giliran Kresna Life berulang kali tunda pembayaran polis


Kamis, 23 Juli 2020 / 07:10 WIB
Bumiputera, Jiwasraya, kini giliran Kresna Life berulang kali tunda pembayaran polis

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Asuransi seharusnya menjadi payung yang melindungi nasabah. Tapi kasus gagal bayar Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera dan Asuransi Jiwasraya sedikit banyak menyebabkan keraguan terhadap industri ini. 

Terlebih kasus gagal bayar polis teru bertambah. Nasabah PT Asuransi Jiwa Kresna, pemegang polis Asuransi Jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan polis Asuransi Jiwa Protecto Investa Kresna (PIK) mengaku mengalami penundaan pengembalian polis. Oleh sebab itu, nasabah siap "hattrick" mendatangi kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam tiga hari, yakni sejak Rabu (22/7) hari ini hingga Jumat mendatang.

Salah satu perwakilan nasabah Kresna Life, Nety Sutanto menyatakan Kresna pada 18 Mei menjanjikan kejelasan pengembalian premi dalam 30 hari. Tepat selang satu bulan kemudian, Manajemen Kresna Life menginformasikan akan mengembalikan polis bernilai Rp 50 juta.

Baca Juga: Merasa sulit berkomunikasi dengan manajemen Kresna Life, pemegang polis sambangi OJK

“Selebihnya harus menunggu lagi 21 hari kerja, yaitu 17 Juli. Namun diundur tangal 20 Juli dan tepat di 17 Juli malah muncul pemberitahuan baru menyatakan akibat adanya suspect covid-19, kantor mereka tutup hingga mekanisme selanjutnya akan diinformasikan 3 Agustus. Jadi telah terjadi penundaan berkali-kali,” papar Nety.

Nety menambahkan, terkait pengembalian premi polis bernilai Rp 50 juta, beberapa pemegang polis sudah menerima pengembalian premi dengan potongan biaya administrasi sebesar 2%.

“Perihal berapa banyak penyelesaian yang sudah dilakukan saya tidak tahu. tapi dalam surat terakhir tertanggal 17 Juli 2020 disebutkan bahwa akibat suspect covid-19 tersebut, bukan hanya pemberitahuan pengembalian premi di atas Rp 50 juta saja yang tertunda, namun pembayaran terhadap nilai polis Rp 50 juta juga terjadi penundaan,” jelas Nety.

Apa kata manajemen Kresna Life? 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×