kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Kabar baik, bankir sebut tren bunga KPR terus menurun


Kamis, 13 Agustus 2020 / 19:58 WIB
Kabar baik, bankir sebut tren bunga KPR terus menurun
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di salah satu bank anggota himbara di Jakarta, Rabu (5/8). Otoritas Jasa Kuangan (OJK) mengatakan berdasarkan pengawasannya hingga 27 Juli 2020, realisasi kredit di Bank Himbara mencapai Rp49,65 triliun dari rencana distribusi

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama masa pandemi, Pemerintah cukup aktif dalam memberikan stimulus. Tanpa terkecuali Bank Indonesia (BI) yang sudah memangkas suku bunga acuan BI 7-day reverse repo rate (7DRR) hingga kini menjadi sebesar 4%. Kebijakan ini diambil bank sentral tentunya untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. 

Meski begitu, bunga bank di Tanah Air masih terbilang tinggi. Misalnya saja, rata-rata bunga kredit di bulan Juni 2020 masih sebesar 9,96%. Namun, posisi ini sebenarnya sudah berangsur turun. Begitu juga untuk bunga kredit pemilikan rumah (KPR). 

Baca Juga: Dorong ekspansi, BTN promosikan produk KPR dan tabungan

Menurut Ignatius Susatyo, EVP Consumer Loan PT Bank Mandiri Tbk sejak kuartal II 2020 perseroan sudah memangkas bunga KPR. Akan tetapi, memang tidak terlalu masif lantaran kala itu pihaknya masih mengutamakan restrukturisasi kredit lebih dahulu. 

"Kalau bunga kredit (KPR) di Bank Mandiri relatif belum banyak turun. Tapi memang bunga kami sudah di bawah rata-rata pasar," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (13/8) malam. Dia juga bilang, kalau Bank Mandiri saat ini sudah punya bunga tetap yang terbilang rendah. Semisal, untuk KPR satu tahun fix 4,59% dan tiga tahun fix 5,69%. 

Sementara untuk bunga floating, rata-rata menurut Ignatius sudah turun sekitar 1%-1,5% dalam beberapa bulan terakhir, tergantung dari jenis KPR. "Kalau rumah baru turunnya lebih besar, rumah bekas lebih kecil dan multiguna tidak terlalu banyak turun," imbuhnya. 

Ke depan, bank berlogo pita emas ini memprediksi bunga KPR akan terus turun. Namun, kemungkinan tidak akan terjadi di seluruh bank lantaran penurunan bunga kredit memang bergantung pada kondisi likuiditas bank. 

Baca Juga: Kredit perbankan naik di bulan Juli, ini sektor yang mulai menggeliat

Sementara itu, alih-alih untuk mendorong KPR, Bank Mandiri ke depan juga akan menggelar pameran virtual. Sedangkan saat ini, pihaknya sudah bekerjasama dengan Bukalapak untuk penawaran KPR dengan bunga rendah mulai 2% selama satu tahun. 

Sementara itu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tidak berbicara banyak tentang tren penurunan bunga. Hanya saja, Direktur BCA Santoso Liem memastikan kalau pihaknya akan menyesuaikan suku bunga sesuai dengan tren dan situasi perekonomian. "Perseroan  berupaya menyesuaikan dukungan untuk sektor properti di tengah situasi Covid-19 dan perlambatan ekonomi nasional dan global," ujarnya. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×