kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kredit perbankan cuma mampu tumbuh 8%


Rabu, 22 November 2017 / 11:10 WIB
Kredit perbankan cuma mampu tumbuh 8%


Reporter: Galvan Yudistira, Yoliawan H | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penurunan suku bunga nyatanya belum mampu menjadi obat kuat pertumbuhan permintaan kredit. Proyeksi Bank Indonesia (BI), pertumbuhan kredit perbankan hingga akhir tahun ini akan sulit mencapai dua digit.

Bank sentral memprediksi kredit perbankan hanya tumbuh 8% di tahun ini. Torehan angka ini sedikit lebih baik dari pertumbuhan kredit tahun 2016 yang hanya sebesar 7,85%..

Lebih rinci, pada September 2017, kredit bank tumbuh 7,86% menjadi Rp 4.543 triliun. Lalu, pada Oktober 2017, BI menyebut, kredit tumbuh terbatas. "Kredit diperkirakan tumbuh di kisaran 8% di akhir tahun ini," tandas Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman kepada KONTAN, Senin (21/11).

Beberapa sektor yang mendorong pertumbuhan kredit bank tahun ini, antara lain sektor infrastruktur, konsumsi, manufaktur dan pertanian.

Setali tiga uang, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga memproyeksikan kredit perbankan akan tumbuh 8% di akhir tahun ini. Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengatakan, ekonomi Indonesia yang kurang bertenaga berefek ke permintaan kredit bank di tahun ini.

Pelambatan pertumbuhan kredit dialami PT Bank Mandiri Tbk. Menurut Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas, bank dengan kode saham BMRI ini mencatat kredit tumbuh sekitar 7,7% atau menjadi Rp 675,6 triliun. Angka ini lebih rendah dari pertumbuhan kredit 9,8% September 2017.

Meski satu digit, PT Bank Central Asia Tbk mencatatkan pertumbuhan kredit lebih baik dari BMRI. Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja menuturkan, BCA mencatat kredit tumbuh 9% per Oktober 2017, membaik dari pertumbuhan 8% di September 2017. "Permintaan kredit belum kuat lantaran industri juga sedang lesu," ujar Jahja.

Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Herry Sidharta mengaku, kredit BNI mampu tembus dua digit. Kredit korporasi dan BUMN mendominasi pertumbuhan yang tinggi.

Hanya jika menelisik lebih detail, efek pelambatan ekonomi bukan satu-satunya alasan pelambatan kredit. Korporasi tampaknya lebih memilih menerbitkan obligasi sebagai sumber pendanaan ketimbang kredit bank.

Ini tecermin dari penerbitan obligasi korporasi yang membanjir di tahun ini. Hingga Oktober 2017 saja, penerbitan obligasi korporasi sudah Rp 137,05 triliun, jauh lebih besar ketimbang tahun 2016 yang senilai Rp 113,69 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×