Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi bank nasional yang memberikan dukungan berupa layanan penyaluran dana operasional kepada Perum Lembaga Penyelengaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang dikenal juga dengan sebutan AirNav Indonesia.
Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian diwakili oleh Direktur Keuangan Perum LPPNPI, Rita Widayati dan Direktur Bisnis Kelembagaan dan BUMN Bank BRI, Sulaiman A. Arianto di Gedung BRI, Senin (02/03).
Dalam penandatanganan perjanjian kerjasama ini, Sulaiman menyampaikan kerjasama layanan penyaluran dana operasional (cash dropping) dari Kantor Pusat AirNav Indonesia ke Unit Penyelenggara Bandar Udara Navigasi (UPBU Navigasi) dan pengiriman dokumen pelaporan pertanggung-jawaban penggunaan dana operasional dari UPBU Navigasi ke Kantor Pusat AirNav Indonesia merupakan salah satu wujud dukungan Bank BRI dalam memberikan kemudahan dan membantu pengelolaan keuangan AirNav Indonesia secara menyeluruh baik di Kantor Pusat dan UPBU Navigasi.
Kerjasama ini tentunya akan memberikan banyak kemudahan bagi AirNav Indonesia dalam mengelola dana operasionalnya dan untuk memantau pergerakan keuangan mereka melaui Bank BRI. Selain itu, hal ini juga dalam rangka menjawab tantangan bisnis yang akuntable dan transparan, sehingga memenuhi aspek-aspek akuntabilitas yang memang harus dipenuhi oleh BUMN.
Budi Satria, Corporate secretary BRI menambahkan Bank BRI selama ini telah menjalin kerajasama dengan LPPNPI dalam hal pengelolaan dana LPPNPI melalui fitur perbankan; Cash Management System (CMS) BRI. Melalui fitur ini AirNav Indonesia dapat memelihara, memantau, dan mengendalikan posisi keuangan secara efektif dan efisien guna memenuhi kebutuhan operasional dan likuiditasnya.
Layanan ini juga mempermudah AirNav untuk dapat mengakses langsung Account secara langsung melalui jaringan internet. Dengan kerahasiaan yang terjaga dan jaringan yang tersebar serta transaksi yang Real Time Online, pastinya fitur ini akan memberikan kenyamanan tersendiri kepada AirNav untuk leluasa mengelola rekeningnya.
Dukungan layanan operasional ini diharapkan dapat terimplementasi kepada 155 UPBU Navigasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Akan tetapi, pada tahap awal piloting program ini akan ditujukan kepada 66 UPBU Navigasi yang akan di kelola oleh 45 BRI Kantor Cabang, 5 BRI Kantor Cabang Pembantu, dan 3 BRI Unit.
Selain itu, Bank BRI dapat ikut serta dalam mensukseskan tekad AirNav Indonesia untuk menjadi Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan dengan standar Internasional yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan.
Dukungan Bank BRI kepada AirNav Indonesia tentunya diharapkan tidak hanya berhenti dalam layanan operasional saja. Diharapakan diwaktu mendatang BRI dapat menyediakan layanan jasa perbankan lainnya kepada AirNav Indonesia dengan dukungan tak kurang dari 10.396 Unit Kerja BRI, 20.792 unit ATM, 131.204 EDC.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News