kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Masuki semester II, bisnis gadai swasta diramal melejit


Kamis, 22 Agustus 2019 / 17:35 WIB
Masuki semester II, bisnis gadai swasta diramal melejit
ILUSTRASI. Ilustrasi Gadai swasta

Reporter: Agustinus Respati | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pembiayaan yang disalurkan penggadaian swasta per Juni 2019 sebesar Rp 304 miliar. Angka ini naik 26,6% dari Juni 2018 yang sebesar Rp 240 miliar.

Ketua Perkumpulan Perusahaan Gadai Indonesia (PPGI) Harianto Widodo bilang, tren ini memang biasa terjadi menjelang bulan Lebaran. Dirinya juga menambahkan, kenaikan ini akan terus terjadi hingga akhir tahun.

Baca Juga: Walau melambat, penyaluran kredit multiguna di sejumlah bank ini masih tumbuh positif

"Namun dari kenaikan tersebut, asosiasi belum bisa merinci apakah yang naik itu adalah jumlah pemain yang melaporkan, atau memang penggadaian swasta itu bisnisnya tumbuh," terang dia, pada Kamis (22/8).

Pihaknya menjelaskan, terakhir ada 75 penggadaian swasta yang mendaftar ke OJK. Dari jumlah tersebut, 26 telah mendapat izin, sedangkan 20 penggadaian swasta ditolak karena belum memenuhi syarat.

Asosiasi melihat pertumbuhan penggadaian swasta ini sejalan dengan pertumbuhan permintaan di masyarakat.

Baca Juga: Suku bunga BI turun lagi, BRI kian yakin bisa capai target pertumbuhan kredit 12%

"Kemarin kami baru saja mengadakan pertemuan dengan perwakilan penggadaian swasta dari Medan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Mereka sekarang selain di bisnis gadai, juga ada fidusia," terangnya.




TERBARU

Close [X]
×