kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Per Mei, Bahana Artha Ventura catatkan NPF di angka 1,4%


Senin, 15 Juli 2019 / 06:28 WIB
Per Mei, Bahana Artha Ventura catatkan NPF di angka 1,4%

Berita Terkait

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bahana Artha Ventura (BAV) catatkan rasio pembiayaan bermasalah alias non performing finance (NPF) di bulan Mei di angka 1,4%.

Direktur Utama Bahana Artha Ventura Muhamad Sidik Heruwibowo mengklaim angka tersebut turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sayangnya, dirinya enggan membeberkan angka pastinya. 


Namun, bila dari bulan Desember 2018 hingga Mei 2019 NPF dari BAV mengalami penurunan. Di Desember 2018 NPF dari BAV tercatat sebesar 1,8%. Di akhir tahun BAV menargetkan di angka 1,2%, lebih baik lagi bisa di bawah 1% menurut Sidik.

"Untuk capai target tersebut, BAV akan ekspansi dari pembiayaan ultra mikro, pembiayaan komersial dan pembiayaan post financing," ujar Direktur Utama Bahana Artha Ventura Muhamad Sidik Heruwibowo kepada Kontan.co.id, Minggu (14/7).

Sidik Heruwibowo menyatakan telah menyalurkan pembiayaan Umi kepada 196.343 anggota koperasi, di mana saat ini perusahaan mempunyai 35 mitra koperasi yang tersebar di 23 daerah di Indonesia.

"Sementara untuk plafond pembiayaan per Mei 2019 mencapai Rp 915,5 miliar,"ujarnya.

Sidik Heruwibowo telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mencapai penyaluran pembiayaan ultra mikro (Umi) tahun ini sebesar Rp 1 triliun.

Seperti diketahui, sampai Mei 2019, perusahaan modal ventura ini telah menyalurkan pembiayaan Umi sebesar Rp 317 miliar.

BAV akan menyalurkan pembiayaan ke mitra koperasi. Apalagi, koperasi ini selain berperan sebagai lembaga penyaluran pembiayaan tetapi juga sebagai penjamin kredit yang diberikan kepada nasabah.




TERBARU

×