kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut kenormalan baru, Pegadaian siapkan empat produk baru berbasis IT


Senin, 03 Agustus 2020 / 07:04 WIB
Sambut kenormalan baru, Pegadaian siapkan empat produk baru berbasis IT
ILUSTRASI. Pegadaian godok produk baru


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki era kenormalan baru alias new normal, PT Pegadaian berniat mengeluarkan sejumlah produk yang didukung oleh sistem digitalisasi. Paling tidak, perusahaan sedang menggodok empat produk anyar yang memanfaatkan teknologi. 

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menyatakan, perusahaan akan mengembangkan model bisnis dan konsep layanan yang meminimalisir kontak antara karyawan dengan nasabah melalui pemanfaatan teknologi.

Pertama, produk Gold Card yakni kartu kredit ke nasabah berdasarkan tabungan emas yang dimiliki. Jadi bisa untuk belanja nantinya, karena jaminannya tabungan emas. Ini masih piloting, mudah-mudahan sudah bisa segera kami luncurkan,” kata Kuswiyoto, Rabu (29/7).

Baca Juga: Garap digital lending, Pegadaian sudah salurkan pinjaman senilai Rp 270 miliar

Kedua, Pegadaian tengah menyiapkan transaksi gadai dropbox. Kuswiyoto menyatakan lewat layanan ini, nasabah hanya perlu letakkan barang gadai di dropbox, lalu akan ditaksir nilainya.

“Kalau oke kami bayarkan jumlah pinjamannya ke rekening masing-masing. Tidak perlu khawatir barangnya ketuker,” tambah Kuswiyoto.

Ketiga, Pegadaian juga mengarap bisnis digital lending dengan dua skema. Skema indirect digital lending di mana perusahaan menyalurkan kredit modal kerja dengan bekerja sama dengan fintech peer to peer lending yang sudah ada.

Sedangkan skema direct lending, Pegadaian akan menyalurkan kredit modal produktif dengan sistem fidusia dan jaminan invoice melalui platform internal.

Keempat, menerapkan bisnis high touch to high tech. Pegadaian bekerja sama dengan Dukcapil. Hal ini memungkinkan untuk pembukaan rekening melalui e-KYC. Juga survey awal usaha nasabah secara online serta analisis menggunakan big data dan credit scoring.

“Pengajuan gadai dan pengembalian agunan dengan konsep on demand. Menggadaikan barang sekarang bisa di pick-up dengan ojek online Gojek, nanti Grab juga akan kerja sama. Jadi masyarakat yang tidak punya waktu bisa lakukan ini,” jelas Kuswiyoto.

Pegadaian sendiri telah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) teknologi informasi senilai Rp 320 miliar sepanjang 2020.

Baca Juga: Pegadaian menyalurkan 2,5 ton daging kurban

“Kami akan menggunakan teknologi terakhir supaya kita tetap eksis dan bisa bersaing dengan pesaing. Tidak bisa dipisahkan antara capex dengan opex (operational expenditure) dengan total sekitar Rp 640 miliar. Tahun ini rencananya capex sekitar Rp 320 miliar,” ujar Direktur Teknologi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono.

Lanjut Teguh, dana itu akan digunakan untuk infrastruktur IT utamanya untuk mengembangkan berbagai server. Lalu mengembangkan aplikasi Gadai Digital. Juga meningkatkan keamanan pada semua proses digitalisasi maupun produk digital perseroan.

“Keamanan sangat penting, kalau dulu IT hanya untuk mendukung bisnis. Sekarang IT menjadi proses transaksi sehingga harus yakin benar-benar aman. Dana itu juga untuk pengembangan network untuk modernisasi IT di cabang dan pusat,” papar Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×