kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Tingkatkan Penetrasi Industri Asuransi Jiwa, BNI Life Perkuat Kanal Digital


Selasa, 22 Oktober 2024 / 21:10 WIB
Tingkatkan Penetrasi Industri Asuransi Jiwa, BNI Life Perkuat Kanal Digital
Petugas melayani nasabah PT BNI Life Jakarta, Senin (3/8).BNI Life optimistis bahwa penguatan kanal digital berpotensi meningkatkan penetrasi asuransi jiwa.


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan bahwa penetrasi industri asuransi jiwa pada semester I-2024 mencapai 0,8% dari produk domestik bruto (PDB).

Berdasarkan jangkauan, penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 6,6% dari total populasi.

Menanggapi data tersebut, BNI Life menyatakan bahwa penguatan kanal digital berpotensi meningkatkan penetrasi asuransi jiwa, meskipun kontribusi dari kanal digital masih lebih rendah dibandingkan dengan kanal lain seperti bancassurance, telemarketing, dan agency.

Direktur Keuangan BNI Life, Eben Eser Nainggolan, mengungkapkan bahwa premi dari kanal digital terus tumbuh seiring dengan penerapan strategi pemasaran digital, pengembangan produk, serta perluasan jumlah kanal distribusi.

Baca Juga: Ditopang Saham dan Obligasi, Investasi BNI Life Tembus Rp 743,6 Miliar

“Maka ke depannya, harapan kami kanal digital bisa berkolaborasi dengan kanal lainnya sehingga dapat meningkatkan potensi bisnis,” kata Eben kepada KONTAN, Selasa (22/10).

Eben menjelaskan, BNI Life saat ini memasarkan produk asuransi digital melalui dua platform, yaitu BNI Mobile Banking dan Microsite Plan BLife. Kedua platform ini digunakan sebagai kanal distribusi bagi produk BNI Life Digi Micro Protection dan Asuransi Mikro BNI Life Pandai+.

Produk asuransi yang dipasarkan secara online, menurut Eben, adalah produk dengan persyaratan sederhana dan proses cepat, seperti asuransi mikro dan asuransi kecelakaan diri. Selain itu, terdapat juga produk customized yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah serta target pasar.

Baca Juga: Premi Unitlink di BNI Life Terkoreksi 26% pada Agustus 2024

Eben menekankan bahwa kunci sukses dalam pemasaran produk asuransi digital adalah kemampuan untuk menganalisis data dan memahami target pasar. 

"Sementara itu, terkait mitigasi risiko, kami melakukan pemilihan produk, pembatasan ketentuan asuransi, serta penerapan proses KYC yang lebih ketat pada saat pembelian asuransi," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×