kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.894.000   23.000   1,23%
  • USD/IDR 16.419   -1,00   -0,01%
  • IDX 7.141   46,52   0,66%
  • KOMPAS100 1.040   9,85   0,96%
  • LQ45 811   8,86   1,10%
  • ISSI 223   0,72   0,32%
  • IDX30 423   3,73   0,89%
  • IDXHIDIV20 503   1,74   0,35%
  • IDX80 117   1,10   0,95%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   1,26   0,91%

Volume transaksi digital M2U ID milik MayBank tumbuh 67% per Maret


Senin, 21 Juni 2021 / 22:39 WIB
Volume transaksi digital M2U ID milik MayBank tumbuh 67% per Maret
ILUSTRASI. Aplikasi digital banking Maybank2u atau M2U dari Maybank Indonesia.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inovasi layanan perbankan digital milik PT Bank Maybank Indonesia, Tbk yakni M2U ID disambut baik oleh masyarakat. Selama kuartal pertama tahun 2021 jumlah transaksi keuangan M2U dilaporkan tumbuh 56% secara year on year (yoy) dengan lebih dari 3 juta transaksi. 

Sedangkan volume transaksi dari M2U tumbuh 67% yoy mencapai Rp 17,5 triliun. Dari sisi pendaftar, setidaknya lebih dari 32.000rekening pendanaan baru dibuka melalui M2U dibuka dan lebih dari 26.000 akun baru telah mendaftar M2U selama Q1 2021.

Hal ini seiring dengan data BI tercatat kenaikan terhadap volume transaksi digital banking pada April 2021, yang tumbuh sebesar 60,27% yoy dengan 572,8 juta transaksi. Serta nilai transaksi yang tumbuh 46,36% yoy, mencapai Rp 3.114,1 triliun. Peningkatan juga terjadi di bulan yang sama untuk nilai transaksi Uang Elektronik (UE) sebesar 30,17% (yoy) mencapai Rp 22,8 triliun.

Baca Juga: Bank Mandiri catat pertumbuhan pesat layanan cash management

Kenaikan tersebut menurut BI tidak lepas dari semakin tingginya kegiatan masyarakat yang dilakukan secara daring semenjak penyebaran Covid-19 terjadi, meliputi kegiatan berbelanja melalui berbagai marketplace menggunakan moda pembayaran secara non-tunai (digital) dalam bertransaksi. 

Para pemain di industri perbankan pun kini memfokuskan diri untuk memaksimalkan layanan digital, serta menciptakan berbagai terobosan untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kemudahan nasabah dalam bertransaksi.

Maybank Indonesia menjadi salah satu bank yang terus fokus dalam meningkatkan layanan perbankannya untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah sehari-hari secara digital melalui M2U ID, aplikasi layanan perbankan digital yang komprehensif dan menyeluruh sehingga memungkinkan nasabah untuk dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja.

“M2U ID merupakan suatu bentuk perwujudan dari misi Maybank yaitu Humanising Financial Services yang bertujuan untuk memberikan kecepatan, kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah, dengan mengedepankan customer experience saat bertransaksi maupun saat mengakses layanan perbankan secara daring hanya dalam genggaman,” jelas Michel Hamilton, Chief Strategy, Transformation & Digital Officer Maybank Indonesia dalam keterangan tertulis pada Senin (21/6).

Salah satu fitur M2U ID yang menunjang ruang gerak yang terbatas akibat pandemi adalah layanan pembukaan rekening secara daring. Melalui layanan ini, calon nasabah tidak perlu mengunjungi kantor cabang untuk membuka rekening dan mendapatkan layanan perbankan digital yang komprehensif dari Maybank Indonesia. 

Baca Juga: Begini cara BNI tingkatkan pelayanan bagi nasabah kartu kredit

Bahkan, setelah pembukaan rekening secara daring nasabah juga bisa langsung mengelola rekening, dan membeli berbagai produk keuangan. Selain itu kebutuhan nasabah untuk bertransaksi daring pada marketplace, membayar tagihan sehari-hari, membayar premi asuransi atau top-up dompet digital (e-wallet) juga dapat dilakukan melalui aplikasi M2U ID.

Dalam upaya mewujudkan misi Humanising Financial Services, saat ini M2U ID telah terintegrasi dengan lebih dari 6 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia yang menyediakan pilihan pembayaran menggunakan QR Pay M2U ID. Hal ini membuat transaksi QR Pay yang dilakukan nasabah melalui M2U ID mengalami peningkatan yang signifikan, hingga mencapai lebih dari 300 ribu transaksi di kuartal 2021 dari sebelumnya hanya 25 ribu transaksi di kuartal 1 2020. 

“Kami sangat menghargai respon positif nasabah terhadap M2U ID dan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan perbankan pada aplikasi M2U ID. Belum lama ini, kami telah meluncurkan tiga fitur baru yang mengutamakan keamanan nasabah dan kenyamanan bertransaksi melalui aplikasi kami,” ungkap Michel.

Selanjutnya: Sedang tren, membuka rekening simpanan lewat mobile banking kian ramai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×