kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Hijaukan Desa Megulung Kidul dengan Ratusan Bibit Alpukat


Selasa, 27 Februari 2024 / 17:52 WIB
BRI Hijaukan Desa Megulung Kidul dengan Ratusan Bibit Alpukat
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Kades Megulung Kidul Malik Khairul Anam membantu warga untuk menanam pohon Alpukat di Desa Megulung Kidul, Desa Megulung kidul di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. KONTAN/Muradi/2023/12/03


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Usai meraih Juara III Desa BRILiaN tahun 2022, Desa Megulung Kidul memperoleh berbagai pendampingan dan manfaat dari program pemberdayaan Bank Rakyat Indonesia (BRI).  

Salah satunya program BRI Menanam. Ini adalah salah satu program pemberdayaan BRI. Melalui program ini, BRI membagikan bibit tanaman produktif ke masyarakat untuk kemudian dibudidayakan. Harapannya, hasil budidaya tersebut bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Di Desa Megulung Kidul yang terletak di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, BRI membagikan bibit alpukat lewat program BRI Menanam ini. BRI membagikan 110 polybag bibit alpukat.

Baca Juga: BRI Menanam Bagi 110 Bibit Alpukat ke Desa Megulung Kidul

Kepala Desa Megulung Kidul Malik Khairul Anam mengatakan, pemberian bantuan bibit alpukat ini sudah dimulai sejak November 2023. "Tujuannya karena salah satu misi desa Megulung Kidul ini, kan, menjadi desa agrowisata," ujar Malik, Sabtu (2/12).

Bantuan ini memang dikhususkan bagi desa yang tergabung dalam program Desa BRILiaN atau desa binaan BRI itu sendiri. Pada tahun 2022, Desa Megulung Kidul menyabet juara III Desa BRILiaN Tingkat Nasional dalam acara Nugraha Karya Desa BRILiaN 2022.

"Jadi bibit alpukat ini memang kami dapat dari program BRI Menanam, jadi itu khusus untuk Desa BRILiaN atau desa binaan BRI. Jadi Megulung Kidul itu mendapat alokasi bibit alpukat sebanyak 110 polybag," kata Malik.

Malik membeberkan, sebelum memberikan bibit tanaman, BRI juga bertanya terlebih dahulu kepada warga Megulung Kidul untuk memastikan jenis bibit yang dibutuhkan. "Sebelum memberikan bibit, memang BRI bertanya dulu ke desa, bibit apa yang mau ditanam. Kami dari desa mintanya bibit alpukat. Kalau alpukat ini kan biasanya sekitar 3-4 tahun sudah mulai berbuah," jelasnya.

Nantinya, Malik akan melakukan musyawarah bersama warga Megulung Kidul terkait rencana penanamannya. Ia bilang, sekitar 50 bibit alpukat akan ditanam di lahan milik desa. Sementara sisanya akan diberikan kepada masyarakat untuk ditanam di lahannya masing-masing.

Baca Juga: Klaster Batik Megulung Kidul Rasakan Manfaat Desa BRILiaN dari BRI

"Kami mau mengadakan musyawarah desa, nantinya alokasi ini mau ditanam di mana. Yang diutamakan itu di lahan milik desa, nanti selebihnya kami bagi ke lahan masyarakat yang memang siap untuk ditanam," imbuh Malik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×