kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CNAF Catatkan Pembiayaan Kendaraan Ramah Lingkungan Rp 54 Miliar pada Januari 2024


Sabtu, 24 Februari 2024 / 07:20 WIB
CNAF Catatkan Pembiayaan Kendaraan Ramah Lingkungan Rp 54 Miliar pada Januari 2024
ILUSTRASI. Pembiayaan kendaraan raham lingkungan yang dicetak CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) di Januari 2024 melonjak 6 kali lipat


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan multifinance CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) mencatatkan pertumbuhan signifikan pembiayaan kendaraan ramah lingkungan.

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman mengatakan realisasi pembiayaan kendaraan ramah lingkungan CIMB Niaga Finance (CNAF) sebesar Rp 54 miliar pada Januari 2024.

"Angka itu tumbuh signifikan lebih dari 6 kali lipat atau 678%, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 6,9 miliar," ungkapnya kepada Kontan, Jumat (23/2).

Ristiawan menerangkan berdasarkan jumlah unit juga tumbuh melesat lebih dari 6 kali lipat atau 604% pada Januari 2024. Adapun kendaraan ramah lingkungan di CNAF mencapai 162 unit pada Januari 2024, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebanyak 23 unit.

Baca Juga: CNAF Anggarkan Rp 37,4 Miliar untuk Pengembangan Digital Tahun 2024

Ristiawan optimistis pembiayaan kendaraan ramah lingkungan bakal terus tumbuh pada 2024. Hal itu berdasarkan kesiapan infrastruktur untuk kendaraan ramah lingkungan, seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum, spare part, serta service sudah berjalan dan bertambah banyak.

Dia menerangkan brand atau produsen otomotif juga sudah mulai meluncurkan berbagai macam produk kendaraan ramah lingkungan. Oleh karena itu, CNAF melihat pangsa pasar tersebut akan menjadi wadah dalam meningkatkan pertumbuhan pembiayaan baru pada 2024.

Sementara itu, Ristiawan menyebut CNAF menargetkan pembiayaan baru untuk kendaraan ramah lingkungan sebesar Rp 400 miliar pada 2024.

Untuk menunjang pertumbuhan pembiayaan mobil ramah lingkungan, dia bilang CNAF memberikan suku bunga atau margin yang bersaing dengan market, yaitu menawarkan suku bunga yang lebih murah dari pembiayaan regular, bahkan menawarkan suku bunga 0% dengan syarat khusus dan hal itu menjadi salah satu alternatif pilihan nasabah. 

"Selain itu, CNAF mengedepankan percepatan proses pengajuan serta dokumen yang sederhana sehingga akan membuat pertumbuhan pembiayaan kendaraan ramah lingkungan dapat makin meningkat. CNAF juga terus bersinergi dengan induk usaha, yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk untuk menjaring nasabahnya. Ditambah induk usaha juga memiliki arah yang sama dalam hal keberlanjutan," katanya.

Saat ini, Ristiawan menyatakan CNAF membiayai kendaraan roda empat ramah lingkungan dari semua brand, termasuk brand yang akan masuk ke Indonesia pada tahun ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×