kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.199   95,00   0,58%
  • IDX 6.984   6,63   0,09%
  • KOMPAS100 1.040   -1,32   -0,13%
  • LQ45 817   -1,41   -0,17%
  • ISSI 212   -0,19   -0,09%
  • IDX30 416   -1,10   -0,26%
  • IDXHIDIV20 502   -1,67   -0,33%
  • IDX80 119   -0,13   -0,11%
  • IDXV30 124   -0,51   -0,41%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,19%

Sejumlah Perusahaan Asuransi Catat Kenaikan Klaim Kesehatan pada Juli 2024


Selasa, 10 September 2024 / 05:15 WIB
Sejumlah Perusahaan Asuransi Catat Kenaikan Klaim Kesehatan pada Juli 2024
ILUSTRASI. Petugas kebersihan membersihkan logo perusahaan asuransi jiwa di kantor pusat Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI Jakarta, Rabu (11/10). Sejumlah perusahaan asuransi jiwa mencatat peningkatan klaim kesehatan pada Juli 2024.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan asuransi jiwa mencatat peningkatan klaim kesehatan pada Juli 2024.

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) misalnya,  mencatat total pembayaran klaim kesehatan dan meninggal dunia sebesar Rp 394 miliar, nilai ini meningkat sebanyak 28% secara year on year (YoY) pada Juli 2024.

Head of Customer and Marketing  MSIG Life, Lukman Auliadi mengatakan, perusahaan terus berupaya mewujudkan komitmen perlindungan, melalui pembayaran klaim sesuai dengan ketentuan dalam polis.

"Manajemen risiko yang kuat termasuk seleksi risiko dan pengembangan data analitik," kata Lukman Auliadi kepada Kontan, Senin (9/9).

Baca Juga: Premi & Klaim Asuransi Kredit Naik Pesat

Lebih lanjut, MSIG Life mendukung upaya bersama pemerintah dan industri dalam penguatan asuransi kesehatan melalui kolaborasi, serta pertukaran dan pemanfaatan data di industri, sehingga industri menjadi lebih sehat dan harga premi bisa lebih terjangkau serta lebih adil.

Pembayaran klaim kesehatan PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) pada Juli 2024 juga terjadi peningkatan sebanyak 18,50% secara YoY menjadi senilai Rp 680 miliar.

Chief Marketing Officer Generali Indonesia, Vivin Arbianti Gautama, menjelaskan, klaim kesehatan itu memiliki kontribusi terbesar terhadap total klaim Generali Indonesia yaitu sebanyak 79%.

Adapun Generali Indonesia telah membayarkan total klaim senilai Rp 866,5 miliar untuk lebih dari 189 kasus klaim. Total klaim tersebut mencakup klaim meninggal dunia, klaim kesehatan, dan klaim penyakit kritis.

Baca Juga: Bahaya, Rasio Klaim Asuransi Kesehatan Naik

"Peningkatan pembayaran klaim kesehatan ini membuktikan masih tingginya risiko kesehatan yang juga diiringi dengan tingginya inflasi medis. Hal ini yang juga memicu kenaikan harga obat-obatan maupun layanan medis," kata Vivin kepada Kontan, Senin (9/9).

Hingga akhir tahun, Generali Indonesia memproyeksikan klaim kesehatan masih akan terus meningkat. Namun Vivin menuturkan pihaknya optimistis dengan kerja sama yang dibangun antara regulator dan berbagai stakeholder yang ada, inflasi medis bisa terkendali sehingga bisa meminimalisir kenaikan klaim kesehatan dan menjaga kinerja keuangan industri.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yaitu pada semester I-2024 peningkatan klaim kesehatan tercatat meningkat sebesar 26% secara YoY menjadi senilai Rp 11,83 triliun.

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, salah satu penyebab peningkatan klaim asuransi kesehatan ini karena semakin tingginya biaya kesehatan yang dipengaruhi oleh inflasi medis.

Baca Juga: Klaim Asuransi Kesehatan Naik Tinggi, Begini Strategi AAJI

"Inflasi biaya medis yang meningkat mempengaruhi biaya obat-obatan, perawatan, hingga layanan rumah sakit. Akibatnya, beban finansial yang ditanggung oleh perusahaan asuransi semakin besar dan menyebabkan klaim asuransi meningkat," kata Togar kepada Kontan, Senin (9/9).

Dalam upaya menangani kenaikan klaim kesehatan yang terus meningkat, AAJI telah berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak. Seperti Kementerian Kesehatan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit untuk bersama-sama mencari solusi atas tantangan dalam pengelolaan klaim asuransi kesehatan.

"Kolaborasi ini bertujuan menciptakan keseimbangan yang berkelanjutan antara industri asuransi dan sektor kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Ini Kata OJK Terkait Klaim Asuransi Kredit Naik 35,5% di Kuartal I-2024

Selain itu, dari sisi internal, Togar bilang, perusahaan asuransi jiwa secara konsisten melakukan tinjauan ulang terhadap produk asuransi yang dimiliki. Peninjauan ulang juga dilakukan terhadap layanan yang diberikan oleh penyedia jasa layanan kesehatan, dengan memastikan pilihan rumah sakit yang berkualitas agar sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×