kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tawaran murah kredit motor diler dadakan


Selasa, 07 September 2010 / 08:08 WIB
Tawaran murah kredit motor diler dadakan


Reporter: Christine Novita Nababan, Roy Franedya | Editor: Test Test

JAKARTA. Momentum Idul Fitri memunculkan fenomena baru di industri pembiayaan sepeda motor. Yakni, kehadiran sejumlah diler dadakan yang menawarkan uang muka alias down payment (DP) pembiayaan terbilang sangat rendah. Bahkan, para diler dadakan ini berani dengan lantang beriklan di pinggir jalan, “Cuma Rp 500.000 bawa pulang motor."

Selain uang muka yang rendah, persyaratan yang diminta pun relatif lebih mudah ketimbang diler yang menggandeng perusahaan pembiayaan (multifinance) resmi. Yakni hanya fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga, dan slip gaji. “Sepanjang DP yang ditawarkan cukup rendah dan menggiurkan, masyarakat biasanya kurang memedulikan besaran bunga kredit yang dibebankan ke mereka,” ujar Direktur Operasional PT Bhakti Finance, Hadianjaya kepada KONTAN, (6/9).

Padahal secara hitungan, kata Hadi, diler dadakan sebenarnya membebani biaya dan bunga yang tidak jauh berbeda dengan multifinance resmi kepada nasabahnya.
Misalnya, dia mencontohkan, uang muka sebesar Rp 300.000-Rp 500.000 hanya untuk biaya administrasi tanpa angsuran pertama. Sementara, uang muka yang diberlakukan multifinance resmi berikut uang angsuran pertama.

“Ini biasanya tricky, uang muka lebih dulu, angsuran pertama ditangguhkan di belakang,” imbuh dia. Bahkan, lanjut dia, bisa-bisa bunga kredit yang dipatok diler dadakan ujung-ujungnya lebih besar. Maklum, diler dadakan tidak ikut ketentuan regulator karena tidak resmi terdaftar sebagai badan usaha.

Menggangu Kompetisi

Upaya diler dadakan merebut pasar pembiayaan, kata Hadi, jelas mengganggu kompetisi multifinance resmi. Sebab, bukan cuma merebut pasar tetapi juga memecah konsentrasi kompetitor.

Asal tahu saja, saat ini, Bhakti Finance mematok uang muka di kisaran 10%-15% atau senilai Rp 1.250.000. “Kami tidak bisa memberikan DP lebih rendah dari 10%. Yang pasti, biaya yang dibebankan dalam kredit berjalan yaitu maksimal 90% dari total harga per unit sepeda motor,” lanjut Hadi.

Corporate Communication and External Relation, PT Federal International Finance (FIF), Renata Catur menilai, tanpa diler dadakan pun, pemain di industri pembiayaan sudah terbilang banyak. Ini bukti, persaingan di pasar pembiayaan cukup ketat.

Meski tersaingi diler dadakan, multifinance tak buru-buru banting strategi. PT Bussan Auto Finance (BAF) misalnya, tidak ngoyo menekan DP sepeda motornya dengan dalih permintaan pasar masih sangat tinggi.

Menurut Direktur Pemasaran BAF, Armando Lung, DP yang terlampau ringan justru beresiko menimbulkan gagal bayar atau kredit macet. “Uang muka masih tetap berkisar 12%-18% atau Rp 1.500.000 per unit,” tegasnya.

Demikian pula Grup Mega Central Auto Finance yang tetap mematok DP sebesar 15% dari total pembiayaan. Direktur Utama Grup Mega Central Auto Finance, Wiwie Kurnia, mengaku, tidak menaikkan DP sebagai antisipasi bila timbul kredit macet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×