Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Baru delapan bulan, program laku pandai PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk berhasil menggandeng 17.000 agen di Pulau Jawa dan sebagian Sumatera. Program bertajuk BTPN Wow tersebut juga tercatat telah merangkul 258.000 nasabah dari segmen mass market.
Anika Faisal, Direktur BTPN bilang, sejak meluncur pada akhir Maret 2015, animo masyarakat terhadap BTPN Wow sangat positif. Harap maklum, untuk menjadi nasabah, persyaratan dan administrasi yang dibutuhkan sangat sederhana. Dari 17 prinsip Know Your Customer (KYC), hanya lima yang diperlukan untuk membuka rekening BTPN Wow.
"Program yang ditujukan untuk literasi keuangan ini memang harus mudah, sederhana dan tanpa biaya. Saat ini, kami masih fokus di Pulau Jawa dan Sumatera. Tahun depan, kami akan main di wilayah lain, Bali dan sebagian wilayah Kalimantan, fiturnya juga akan terus dikembangkan," ujarnya, Senin (7/12).
Adapun, saat ini, fitur dari BTPN Wow, antara lain pembukaan rekening, setor dan tarik tunai, pengiriman uang, pembayaran tagihan listrik, pembelian pulsa listrik dan telepon pra bayar. Ke depan, fitur ini akan berkembang sesuai kebutuhan nasabah, seperti penyaluran kredit di bawah segmen mikro, penjualan produk asuransi mikro dan lain sebagainya.
Menurut Achmad Nusjirwan Sugondo, Kepala Pengembangan Produk dan Konsumen BTPN, pertumbuhan BTPN Wow juga didorong oleh minat masyarakat yang tinggi untuk menabung. Buktinya, transaksi nasabah BTPN Wow cukup tinggi. "Bahkan, total dana pihak ketiga (DPK) terhimpun sudah Rp 37,8 miliar," terang dia.
Kendati demikian, ia mengklaim, pihaknya belum akan agresif mengejar DPK, melainkan untuk meningkatkan literasi keuangan di masyarakat dan pengembangan jaringan layanan melalui penyebaran agen-agen laku pandai. "Ini merupakan investasi jangka panjang untuk perseroan," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News