kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada subsidi bunga kredit, multifinance berharap bisa perbaiki cash flow


Rabu, 24 Juni 2020 / 15:52 WIB
Ada subsidi bunga kredit, multifinance berharap bisa perbaiki cash flow
ILUSTRASI. ilustrasi multifinance, lembaga pembiayaan kendaraan; kredit kendaraan; kredit mobil; mobil Suzuki Ertiga -Indomobil Group -- Pengunjung berkonsultasi dengan pelayanan pemasaran di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 Jakarta, Jumat (28/4)


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri multifinance akhirnya bisa sedikit bernapas lega. Sebab, pemerintah akan memberikan subsidi bunga kredit ke perusahaan multifinance sebagai upaya memulihkan ekonomi nasional akibat pandemi corona (Covid-19).

Beberapa pemain multifinance menyambut antusias program tersebut diantaranya, PT Mandala Multifinance Tbk dan PT Indomobil Finance Indonesia. Corporate Secretary Mandala Finance Mahrus menyebut, kehadiran program tersebut bisa meringankan beban debitur yang punya kewajiban pembayaran angsuran di perusahaan multifinance.

Baca Juga: OJK: Meski pandemi, laba industri modal ventura melompat 271,15%

"Manfaat buat perusahaan tetap ada yaitu dari sisi cash flow sehingga likuiditas akan tetap baik," kata Mahrus, Rabu (24/6).

Untuk saat ini, ia masih menunggu petunjuk teknis terkait program yang masih dipersiapkan pemerintah ini. Diharapkan, bisa menguntungkan kedua belah pihak baik dari debitur maupun multifinance.

Senada, Chief Executive Officer Indomobil Finance Gunawan Effendi mengatakan, akan mengikuti kebijakan pemerintah sambil menunggu petunjuk teknis pelaksanaan program ini. "Tentu kami akan ikuti arahannya (dari pemerintah)," ungkapnya.

Ia memperkirakan, pemberian bunga subsidi ini bisa meringankan beban debitur. Jika beban mereka ringan, maka pembayaran angsuran jadi lebih lancar dan tunggakan kredit juga akan lebih rendah.

Baca Juga: OJK Siap Implementasikan Program Pemerintah Mengenai Subsidi Bunga

"Dengan beban bunga yang lebih ringan, semoga debitur menjadi lebih tepat waktu dalam membayar angsuran," harapnya.




TERBARU

[X]
×