kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PNM ULaMM Bantu UMKM Berkembang dan Naik Kelas


Selasa, 27 Februari 2024 / 17:18 WIB
PNM ULaMM Bantu UMKM Berkembang dan Naik Kelas
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Perajin Batu Paras Yogyakarta: Perajin batu paras Yogyakarta di Workshop Barokah BAtu Alam, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu (16/02). Satu panel hiasan batu paras Yogyakarta dihargai antara Rp1,2 juta hingga Rp 3,5 juta per meter tergantung ketebalan bahan dan tingkat kesulitan pengerjaan. KONTAN/Baihaki/16/02/2022


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyalurkan pembiayaan segmen ultra mikro melalui beberapa produk, di antaranya ULaMM.

PNM menjadi penyedia pinjaman kelompok terbesar di Indonesia dengan melayani lebih dari 14,8 juta peminjam dan memberikan pinjaman yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan kurang mampu.

PT Permodalan Nasional Madani menyediakan pinjaman khusus untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bernama ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) yang pembiayaan dilakukan secara langsung bagi perorangan maupun bidang usaha.

Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi menyampaikan, ULaMM merupakan layanan pembiayaan lanjutan atau naik kelas untuk pengembangan pelaku UMKM dengan karakteristik pembiayaan Rp 10 juta sampai Rp 50 juta, pertemuan kelompok bulanan, usaha produktif serta pembayaran angsuran bulanan.

Baca Juga: PNM ULaMM Bantu Bisnis UMKM Agar Tidak Padam

"ULaMM akan fokus pada sektoral dan teritorial," kata Kepala Sekretariat Perusahaan PNM Dodot Patria Ary.

Ia menjelaskan, sektoral adalah pembinaan dan pendampingan untuk kelompok  pelaku usaha kecil mikro yang memiliki jenis dan sektor usaha sejenis, sedangkan teritorial berupa pembinaan dan pendampingan bagi pelaku usaha mikro kecil dengan berbagai jenis dan sektor usaha yang berada dalam teritorial domisili atau usaha yang sama.

Secara kinerja, penyaluran kredit PNM ULaMM harus alami penurunan di Semester I-2023, dengan mencatatkan sebesar Rp 5 triliun atau turun 27,3% YoY dengan 140 ribu nasabah.

Berbeda dengan fasilitas pembiayaan usaha mikro dan kecil lainnya, ULaMM memiliki sederet manfaat di antaranya, pertama persyaratan peminjaman dengan prosedur yang jelas dan angsuran ringan. Kedua, Penyertaan pendampingan usaha dan pelatihan.

Ketiga, jasa konsultasi usaha untuk para nasabah, dan keempat memberikan dukungan pengelolaan keuangan dan akses pasar yang luas bagi nasabah.

Dengan mendapatkan pinjaman dan pendampingan usaha, nasabah ULaMM pun diharapkan bisa terus mengembangkan kapasitas usahanya, sekaligus mempercepat kemajuan usahanya.

Untuk digitalisasi Usaha ULaMM, kami memiliki Marketline Pantas, yaitu aplikasi web base yang digunakan untuk melakukan aktivitas bisnis ULaMM, lalu ada aplikasi yang digunakan untuk melakukan pertemuan kelompok bulanan dan pembayaran angsuran dapat dilakukan melalui minimarket, Bank BNI, ATM bersama, Pos Indonesia hingga Pegadaian.

Baca Juga: Klaster Batik Megulung Kidul Rasakan Manfaat Desa BRILiaN dari BRI

Layanan PNM ULaMM juga telah menjangkau nasabah di berbagai daerah. Pada 2022 lalu kantor ULaMM telah mencapai 704 kantor cabang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×