kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Praktis bayar belanjaan dengan Rekening Ponsel


Rabu, 09 April 2014 / 11:34 WIB
Praktis bayar belanjaan dengan Rekening Ponsel
ILUSTRASI. Apakah Jengkol Menyebabkan Asam Urat? Ini 10 Makanan Sehat untuk Asam Urat


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT CIMB Niaga Tbk mengembangkan layanan transaksi pembayaran dengan ponsel. Lewat Rekening Ponsel, kini berbelanja tidak perlu membawa uang tunai, kartu ATM, atau kartu kredit.

Samir Gupta, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga mengatakan, bank ini telah melakukan kerja sama dengan sekitar 800 toko atau outlet jaringan merchant, untuk merealisasikan cara belanja dengan Rekening Ponsel. Jumlah gerai yang diajak bekerjasama akan bertambah menjadi 1.300 di bulan Mei.

Ada dua cara pembayaran Rekening Ponsel, tergantung sistem di kasir masing-masing merchant. Pertama, pengguna tinggal memberikan nomor ponsel (Rekening Ponsel) ke kasir.

Setelah kasir memasukkan nomor ponsel dan nilai belanja ke mesin electronic data capture (EDC), pembeli tinggal mengkonfirmasi belanja dengan memasukkan PIN Rekening Ponsel di ponselnya.

Cara kedua, pengguna memberikan nomor Kupon Rekening Ponsel, yang sebelumnya dibuat dengan nilai yang ditentukan sendiri sesuai saldo yang tersedia di Rekening Ponsel. Kupon dapat dibuat dengan mengirism SMS "Kupon(spasi)nilai kupon" ke 1418. Nomor kupon ini yang diberikan pada kasir. Apabila ada kelebihan dana di kupon, akan dikembalikan otomatis ke Rekening Ponsel.

Samir yakin, Rekening Ponsel menjadi produk unggulan yang mampu menjawab kebutuhan gaya hidup dan tren baru transaksi perbankan. “Merchant juga memperoleh manfaat karena metode ini mampu menurunkan biaya merchant discount rate (MDR), mengurangi transaksi tunai dan biaya cash management, dan tentunya settlement yang lebih cepat dan aman karena dilakukan secara elektronik,” ungkap Samir

CIMB Niaga juga menawarkan promosi. Misalnya, apabila berbelanja di outlet Century, akan memperoleh cashback. Atau tawaran beli satu gratis satu tiket nonton di Cinema XXI atau Blitzmegaplex. Juga promosi lainnya di berbagai gerai seperti Seven Eleven, Snow Bay, Books & Beyond.

Upaya ini diharapkan bisa mendorong peningkatan jumlah pengguna Rekening Ponsel. Sejak diluncurkan pada Maret 2013 hingga akhir Desember 2013, pengguna Rekening Ponsel tumbuh rata-rata 68% per bulan dan kini memproses 1,5 juta transaksi setiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×