kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,28   -5,12   -0.59%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Data Fintech Lending Bakal Masuk SLIK, Begini Kata BantuSaku


Senin, 20 Mei 2024 / 15:08 WIB
Data Fintech Lending Bakal Masuk SLIK, Begini Kata BantuSaku
ILUSTRASI. Peer to Peer Lending.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan fintech peer to peer (P2P) lending BantuSaku menilai adanya penyempurnaan aturan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait data fintech lending masuk ke Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) akan berdampak positif juga bagi industri. 

Mengenai hal itu, Direktur Utama BantuSaku Arnoldyth Rodes Medo menilai inovasi tersebut bisa membantu perusahaan untuk mengetahui history calon peminjam. Dengan demikian, cara itu juga bisa memperbaiki kesehatan pinjaman bagi fintech lending.

"Dengan data peminjam masuk data SLIK, akan memberikan penilaian tambahan bagi fintech dalam menentukan penyaluran pinjaman," ungkapnya kepada Kontan, Jumat (17/5).

Arnoldyth mengatakan fintech hanya akan melakukan penyaluran pinjaman kepada calon peminjam dengan history pinjaman yang baik untuk meminimalisir gagal bayar dari peminjam.

Baca Juga: Data Fintech P2P Lending Bakal Masuk SLIK, Begini Tanggapan AFPI

Selain itu, cara tersebut juga memberikan peringatan bagi calon borrower dan borrower existing untuk lebih peduli dengan pinjaman yang dilakukan untuk tetap menjaga skor kredit tetap lancar.

Menurutnya, dengan adanya aturan data fintech lending masuk SLIK, diharapkan dapat menjadi salah satu faktor yang mendukung turunnya angka tingkat wanprestasi atau TWP90 industri.

Namun, Arnoldyth menyampaikan tentunya para pelaku usaha tidak dapat sepenuhnya bergantung pada cara itu saja untuk menurunkan angka TWP90. Dia menerangkan pelaku industri juga dapat meningkatkan mitigasi risiko yang dilakukan secara internal, baik dengan bekerja sama dengan pihak ketiga yang kredibel.

"Selain itu, meningkatkan batasan nilai pengguna yang dapat melakukan pinjaman untuk mencegah meningkatnya angka TWP90," katanya.

Lebih lanjut, Arnoldyth bilang BantuSaku juga harus prudent dalam proses user acquisition dengan terus memperhatikan kelayakan dan kemampuan calon borrower untuk memenuhi kewajiban pembayaran pendanaan. Adapun hal yang perlu diperhatikan, yaitu watak (character) dan kemampuan membayar kembali (repayment capacity). 

"Fintech lending juga dapat memperhatikan aspek lainnya, seperti modal, prospek ekonomi, atau objek jaminan (collateral) apabila ada," ungkapnya.

Selain meningkatkan mitigasi risiko, Arnoldyth menyebut perlu adanya update teknologi, yaitu terus mengembangkan machine learning yang andal pada proses user acquisition.

Baca Juga: Daftar 101 Pinjol Resmi Terbaru Per Mei 2024

Dia bilang pelaku usaha juga perlu untuk melakukan penilaian kembali untuk brrower existing secara berkala guna mengetahui credit scoring terbaru pada borrower tersebut. 

"Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya pemberian kredit yang berlebihan secara bersamaan dari beberapa pelaku usaha sejenis yang dapat menyebabkan risiko gagal bayar tinggi," katanya.

Berdasarkan situs resmi perusahaan, tingkat TWP90 BantuSaku berada di angka 0%. Adapun nilai penyaluran pinjaman tahun ini sebesar Rp 3,77 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×